PT KONTAK PERKASA FUTURES – Ilkay Guendogan harus menunggu cukup lama untuk bisa bermain dalam kostum Manchester City. Tapi, setelah kesempatan itu datang, Guendogan langsung tampil memukau.

Didatangkan City dari Borussia Dortmund, Guendogan mendarat di Etihad Stadium dalam kondisi cedera. Gelandang asal Jerman itu absen sejak bulan April akibat cedera lutut.

Cedera tersebut membuat Guendogan harus melewatkan pramusim. Dia pun cuma bisa menjadi penonton saat rekan-rekannya di City tampil pada enam laga pertama musim ini.

Kesempatan debut untuk Guendogan baru muncul pada laga melawan Borussia Moenchengladbach di matchday 1 Liga Champions, Kamis (15/9/2016) dinihari WIB. Pesepakbola berusia 25 tahun itu dipercaya tampil sebagai starter karena David Silva kurang fit. Dia menjadi salah satu gelandang City dalam formasi 4-1-4-1.

Bersama Kevin De Bruyne, Guendogan menjadi pengatur serangan City. Tak cuma fasih mengalirkan bola ke lini depan atau sisi sayap, dia juga rajin masuk ke kotak penalti.

Selama 80 menit berada di lapangan, Guendogan melepaskan dua tembakan pada laga ini dan dua-duanya tepat sasaran meski bisa diantisipasi kiper lawan. Dia juga melepaskan tiga umpan kunci, sama seperti De Bruyne, Raheem Sterling, Sergio Aguero, dan Jesus Navas.

Situs statistik whoscored memberi Guendogan nilai 8,12 untuk laga ini. Dia cuma kalah dari Aleksandar Kolarov dan Aguero.

City menyudahi laga dengan kemenangan 4-0 atas Gladbach. Guendogan punya peran dalam gol kedua timnya yang dicetak Aguero. Pelanggaran Christoph Kramer kepadanya berbuah penalti, yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Aguero.

“Saya sangat gembira, ini adalah hari sempurna bagi saya. Saya sudah menunggu lama untuk ini. Saya berusaha untuk bekerja keras dan akan menantikan laga berikutnya,” ujar Guendogan seusai pertandingan.

“Tak mudah setelah absen lama. Rehabilitasi selama empat bulan itu berat. Ketika Anda tak punya kesempatan untuk memanfaatkan laga persahabatan, saya harus memulai dari nol pada laga ini dan saya pikir ini berjalan sangat baik. Saya sangat senang,” katanya.

Penampilan cemerlang Guendogan juga mendapatkan pujian dari manajer City, Pep Guardiola.

“Penampilannya menunjukkan betapa bagusnya dia. Setelah tiga atau empat bulan absen, hari ini kami bicara dengannya dan dia mengaku siap,” ujar Guardiola.

“Dia sangat cerdas dan dia sangat bagus ketika masuk ke kotak penalti. Kualitasnya akan sangat membantu kami. Terima kasih kepada (Direktur Sepakbola City) Tixiki (Begiristain) yang sudah membelinya,” kata dia. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES