KONTAK PERKASA FUTURESJermain Defoe merasa tak punya kans lagi untuk masuk skuat Timnas Inggris. Bahkan sekalipun meraih ‘Sepatu Emas, Defoe tak yakin bisa terpilih.

Defoe di usia 34 tahun saat ini masih unjuk ketajaman di atas lapangan lewat gol-golnya yang dibuat bersama Sunderland. Di musim ini saja Defoe sudah membuat delapan gol dari 14 penampilan di liga.

Khusus musim lalu, Defoe berhasil menyelamatkan Sunderland dari jeratan degradasi setelah bikin 15 gol. Ibarat pepatah, tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Itulah Defoe saat ini.

Di usianya yang sudah uzur untuk ukuran striker, Defoe masih tampil tajam dan jadi andalan di klubnya saat ini.

Dengan ketajaman ini Defoe seharusnya sudah bisa jadi andalan juga untuk tim nasionalnya. Tapi di era Roy Hodgson lalu, Defoe bahkan jarang dipanggil ke timnas termasuk tak ikut ke Piala Dunia 2014.

Begitupun di era Gareth Southgate ketika Defoe tak kunjung mendapat panggilan. Meski demikian, media-media Inggris memprediksikan kalau Defoe pasti masih punya satu tempat di skuat ‘Tiga Singa’.

Tapi Defoe tak mau memikirkan itu dan juga tidak yakin kalau dia masih bisa lagi mengenakan seragam tim nasional. Sejak debut pada 2004, Defoe punya 55 caps dan 19 gol. Terakhir kali membela timnas adalah di 2013 lalu.

“Saya belum mendengar apapun. Saya memang tidak mau menyerah begitu saja, tapi Akan ada saatnya Anda berpikir, ‘Apakah ini akan terjadi?’,” ujar Defoe seperti dikutip Soccerway.

“Saya merasa baik-baik saja, saya tidak pernah merasa sefit seperti sekarang,” sambungnya.

“Saya menikmati latihan setiap harinya, saya merasa tajam, kuat, fit, dan percaya diri – dan itu sangat penting untuk seorang striker.”

“Tapi saya merasa seperti apapun yang sayalakukan, bahkan jika mendapat sepatu emas, saya pun tidak akan dipanggil.”

“Saya tidak suka membicarakan itu. Saya tidak ingin manajer (David Moyes) meminta-minta kepada Southgate karen Anda dipanggi jika dirasa pantas. Jadi biar penampilan saya yang membuktikannya,” tutup Defoe. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES