Demi Target Olimpiade, HendraAhsan Bidik 7 Turnamen di 2015 KontakPerkasa Futures, Setelah menjadi juara dunia tahun ini, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ditunggu ajang yang lebih besar lagi tahun depan: Olimpiade. Untuk mengamankan tempat ke Rio de Janeiro, Brasil, mereka menjadwalkan tampil dalam tujuh turnamen lagi sepanjang tahun ini.

Hendra/Ahsan menyelesaikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 yang berakhir Minggu (16/8) kemarin dengan cemerlang. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan pasangan China Liu Xiaolong/Qiu Zihan dengan skor 21-17 21-14.

Titel itu menjadi koleksi ketiga bagi Hendra dan kedua bagi Ahsan. Tapi mereka tak semata-mata mengejar tambahan koleksi gelar juara dunia. Sebab, Kejuaran Dunia itu juga menjadi ajang untuk perebutan poin Olimpiade.

Persaingan ke Olimpiade di sektor ganda memang cukup sulit. Hanya delapan pasang ganda terbaik yang berhak tampil di ajang multievent terbesar di dunia olahraga itu.

Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, menyebut dua pemain itu sudah mengantongi jadwal untuk mengikuti serangkaian turnamen.

“Yang pasti program pengirimannya memang harus diatur karena tidak bisa semua turnamen diikuti. Kami harus pilih-pilih mana yang ikut mana yang tidak dan dihitung benar-benar poin berapa harus dihitung. Karena target untuk pemain ganda, saya dari tim pelatih, menginginkan tidak hanya Hendra/Ahsan yang ke Olimpiade, tapi juga Ricky/Angga,” ujar Herry.

“Tahun ini ada tujuh turnamen lagi yang akan diikuti Ahsan/Hendra. Paling dekat ke Jepang dan Korea Selatan. Kemudian China dan Hong Kong, Denmark, Prancis dan Final Super Series,” ucap dia.

 

Tantangan PBSI ke Olimpaide tahun depan memang cukup besar dengan tugas mengembalikan tradisi emas. Sejauh ini, ganda putra menjadi salah satu tumpuan.

“Kami tidak boleh lengah jadi harus mengejar poin sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin harus maksimal dalam satu tahun ke depan,” ujar Hendra.

“Habis ini libur satu-dua hari. Setelah itu baru fokus persiapan lagi sebab musuh pasti perhatikan kami juga. Kami tidak ingin santai-santai dan harus kerja keras lagi,” tambah Ahsan.

Hendra sendiri dijadwalkan menjadi salah satu tamu dalam acara Sport Forum yang akan diadakan oleh detiksport pada Rabu (19/8) lusa, dengan tema “Setahun Menuju Olimpiade”. Selain Hendra, narasumber lain yang siap hadir adalah Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan, Chef de Mission tim Indonesia di Olimpiade 2012, Erick Thohir, dan pelatih ganda putri, Eng Hian. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.