Di Kota-kota Inilah Para Peserta Piala Dunia BermarkasPiala Dunia tinggal berjarak tiga hari saja, negara-negara peserta pun mulai tiba di Brasil dan menempati markasnya masing-masing. Kota mana sajakah yang jadi tempat tinggal sementara tim-tim tersebut?

Total ada 27 kota yang menjadi markas 32 tim peserta Piala Dunia 2014 ini, yang terbagi dalam sembilan provinsi. Sembilan provinsi tersebut adalah Sao Paulo, Minas Gerais, Espirito Santos, Rio de Janeiro, Bahia, Rio Grande do Sul, Alagoas, Sergipe, Parana.

Dari sembilan provinsi ini, enam berada di belahan selatan Brasil sementara tiga ada di bagian utara yang cenderung lebih panas, yakni Sergipe, Alagoas, dan Bahia.

Oleh karena itu, provinsi-provinsi di belahan bumi selatan Brasil jauh lebih banyak dijadikan markas ketimbang di utara. Perbandingannya adalah 27 tim di selatan dan hanya lima yang tinggal di utara.

Sao Paulo merupakan provinsi yang paling banyak ditempati oleh tim-tim peserta yakni 15 tim. Prancis dan Portugal merupakan dua di antaranya.

Sao Paulo menjadi salah satu tempat favorit karena temperatur di provinsi ini cenderung sejuk. Suhu tertinggi Sao Paulo selama bulan Juni-Juli berkisar di angka 22 derajat celcius.

Empat tim besar yakni Brasil, Inggris, Italia, dan Belanda memilih bermarkas di Rio de Janeiro yang sedikit lebih hangat. Suhu tertinggi di provinsi ini selama penyelenggaraan Piala Dunia berkisar antara 25-26 derajat celcius.

Sementara juara bertahan Spanyol bermarkas di Parana. Suhu udara di provinsi ini termasuk salah satu yang tersejuk dengan yang tertinggi di bulan Juni-Juli berkisar di angka 18-19 derajat celcius.

Hanya lima tim yang bermarkas di belahan utara Brasil. Mereka adalah Jerman, Kroasia, Swiss, Ghana, dan Yunani. Tiga negara yang disebut pertama berada di Bahia, yang mana temperatur tertinggi selama Juni-Juli berkisar di angka 26 derajat celcius.

Sementara Ghana bermarkas di Alagoas dan Yunani di Sergipe. Di kedua provinsi ini, temperatur tertinggi selama Juni-Juli berkisar antara 27-28 derajat celcius.

Daftar Markas Tim-tim Peserta Piala Dunia

Tim Kota Provinsi
Aljazair Sorocaba Sao Paulo
Argentina Vespasiano Minas Gerais
Australia Vitria Esprito Santo
Amerika Serikat Sao Paulo Sao Paulo
Belanda Rio de Janeiro Rio de Janeiro
Belgia Mogi das Cruzes Sao Paulo
Bosnia Herzegovina Guaruj Sao Paulo
Brasil Terespolis Rio de Janeiro
Chile Belo Horizonte Minas Gerais
Ekuador Viamo Rio Grande do Sul
Ghana Macei Alagoas
Honduras Porto Feliz Sao Paulo
Iran Guarulhos Sao Paulo
Italia Mangaratiba Rio de Janeiro
Inggris Rio de Janeiro Rio de Janeiro
Jepang Itu Sao Paulo
Jerman Santa Cruz Cabrlia Bahia
Kamerun Vitria Esprito Santo
Kolombia Cotia Sao Paulo
Korea Selatan Foz do Iguacu Parana
Kosta Rika Santos Sao Paulo
Kroasia Mata de Sao Joao Bahia
Meksiko Santos Sao Paulo
Nigeria Campinas Sao Paulo
Pantai Gading Aguas de Lindoia Sao Paulo
Portugal Campinas Sao Paulo
Prancis Ribeiro Preto Sao Paulo
Rusia Itu Sao Paulo
Spanyol Curitiba Paran
Swiss Porto Seguro Bahia
Uruguay Sete Lagoas Minas Gerais
Yunani Aracaju Sergipe