Dibayangi Ancaman Keamanan, Piala Eropa Diyakini Tetap Meriah KontakPerkasa Futures, Prancis masih dibayangi teror yang meyebabkan tewasnya lebih dari 100 orang tahun lalu. Namun begitu, penyelenggara yakin event tersebut tetap akan meriah.

Akibat serangan yang terjadi di beberapa titik di Kota Paris, pada November 2015, sempat muncul usulan agar Piala Eropa digelar tanpa penonton. Keamanan menjadi isu besar di gelaran tahun ini, terlebih beberapa serangan lain sempat terjadi di Belgia dan juga Turki.

Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat dan Inggris malah sudah mengeluarkan travel alert pada warganya yang akan datang Prancis. Demi memastikan keamanan tetap terjaga, Pracis, UEFA dan beberapa negara kontestan ikut berpartisipasi menurunkan pasukan keamanannya. Total akan 90.000 petugas keamanan disiagakan.

Kepala Penyelenggara Piala Eropa 2016, Jacques Lambert, meyakini kalau Piala Eropa 2016 tetap akan meriah meski dibayangi ancaman keamanan. Sehari jelang kick-off turnamen, dia menyebut kalau pihak intelenjen tidak menemukan adanya ancaman terhadap stadion atau fan zone.

Dalam pernyataannya yang dikutip Guardian, Lambert malah lebih mengkhawatirkan ancaman mogok yang sempat diutarakan pilot-pilot di Prancis.

Pernyataan senada dilontarkan oleh Direktur Event UEFA, Martin Kallen. “Piala Eropa tetap akan menjadi gelaran yang hebat, dengan atmosfer yang juga hebat.”

Atas alasan keamanan itulah akan ada pemeriksaan ketat terhadap penonton yang akan menyaksikan langsung pertandingan di stadion. Bakal ada dua lapis pemeriksaan, yang membuat penonton diminta datang ke stadion tiga jam sebelum kick-off. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.