PT KONTAK PERKASA FUTURESArsenal disarankan untuk melepas Francis Coquelin di musim panas nanti. Performanya dinilai tak memuaskan sejauh ini.

Coquelin musim ini sudah bermain 17 kali di Premier League. Dia jadi salah satu pilihan utama Arsene Wenger di lini tengah, menjadi satu dari dua gelandang poros dalam formasi 4-2-3-1 Arsenal.

Tapi performanya dinilai biasa-biasa saja. Secara pertahanan, sejauh ini dia tercatat melakukan rata-rata tiga tekel sukses, 2,6 intersepsi, dan 1,2 sapuan per pertandingannya.

Sementara perkara mengalirkan bola bukan salah satu kekuatan Coquelin. Dia rata-rata hanya melepaskan 46 umpan per laga dengan akurasi 88%. Ini jauh di belakang Granit Xhaka atau Santi Cazorla, pemain yang posisinya digantikan Coquelin.

Xhaka rata-rata melakukan 65,2 umpan per laga dengan akurasi 89%, sementara Cazorla melakukan rata-rata 70 operan dengan akurasi 91% tiap pertandingannya.

Eks pemain Arsenal Charlie Nicholas percaya Coquelin hanya solusi jangka pendek sementara pemain lainnya seperti Cazorla atau Mohamed Elneny tak ada. Kualitasnya disebut tak terlalu istimewa.

Nicholas menyebut Wenger sepatutnya melepas Coquelin di musim panas nanti, terlepas si pemain baru meneken kontrak baru sepekan lalu.

“Saya tak masalah dengan dia mendapatkan kontrak baru. Saya bukan penggemar terbesarnya, tapi mereka tidak punya banyak opsi di posisi itu,” kata Nicholas kepada Sky Sports.

“Santi Cazorla menepi untuk waktu yang lama, Mohamed Elneny sedang absen, dan Jack Wilshere dipinjamkan. Jadi Arsene Wenger jelas tidak bisa membiarkan dia pergi saat ini.”

“Meski demikian, ketika semuanya fit dan bugar, Coquelin bakal beruntung kalau bisa masuk di daftar 18 pemain utama. Kami benar-benar perlu banyak pemain di departemen itu saat ini.”

“Dia akan melakukan tugas jangka pendek dan setelah itu Anda akan berpikir bahwa mereka bakal mendapatkan harga yang bagus untuknya. Bermain akan meningkatkan nilainya dan saya akan menjualnya di musim panas ketika semuanya fit,” imbuhnya seperti dikutip Express.  (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES