PT KONTAK PERKASA FUTURESDalam waktu sembilan tahun dari sekarang, jumlah kontestan putaran final Piala Dunia akan bertambah. Terkait penambahan tersebut, UEFA merasa layak mendapatkan jatah 16 tim di Piala Dunia.

Jumlah peserta putaran final Piala Dunia akan bertambah dari 32 tim menjadi 48 tim. Penambahan tersebut akan berlaku mulai Piala Dunia 2026.

Dengan bertambahnya jumlah peserta, secara otomatis jatah untuk masing-masing konfederasi juga akan bertambah. Akan tetapi, detail terkait hal ini belum diputuskan.

Sebagai kiblat sepakbola dunia, Benua Eropa mendapatkan jatah terbanyak di putaran final Piala Dunia. Di Piala 2010 dan Piala Dunia 2014, ada 13 negara Benua Biru yang ambil bagian di putaran final.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, berharap konfederasinya diwakili oleh paling tidak 16 tim di Piala Dunia 2026 dan seterusnya. Selain itu, Ceferin juga meminta 16 wakil UEFA tersebut ditempatkan di 16 grup berbeda.

“Kita harus realistis. Kami bisa mendorong dan kalah suara, tapi kami pikir realistis untuk meminta paling tidak 16 slot, plus kondisi lain yang membuat masing-masing tim Eropa berada di grup berbeda,” kata Ceferin di Nyon, Swiss.

“Lalu, jika memang benar kami sangat bagus, jika kualitas ada di sisi kami, saya pikir ke-16 tim itu bisa lolos semuanya,” ujarnya seperti dikutip Soccerway. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES