PT KONTAK PERKASA FUTURESDolar beringsut turun terhadap mata uang utama lainnya, Senin, namun bertahan di dekat level tertinggi terbaru di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve berada dalam jalur untuk menaikkan suku bunga di pekan ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun ke 101,56.

Sedikit keraguan sekarang tetap ada bahwa Fed akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu tahun di akhir pertemuan pada hari Rabu, dengan investor menghargai kesempatan 100% dari peningkatan itu, menurut dana Federal berjangka terpantau oleh Perangkat Monitor Suku Bunga Fed.

The Fed juga akan mengumumkan update perkiraan ekonomi dan pasar akan mengawasi sinyal prospek inflasi dan laju harapan kenaikan suku bunga pada tahun 2017.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan dolar dengan membuat mata uang tersebut lebih menarik untuk menghasilkan keuntungan bagi investor.

Dolar naik terhadap yen, membangun keuntungan di sesi sebelumnya, dengan USD/JPY naik 0,55% ke 116,00, level tertinggi sejak 8 Februari.

Yen menunjukkan sedikit reaksi terhadap data sebelumnya yang menunjukkan bahwa pesanan mesin inti Jepang naik di bulan Oktober untuk pertama kalinya selama tiga bulan, mengarah kepada kenaikan dalam belanja modal.

Euro sedikit lebih tinggi, dengan EUR/USD naik 0,13% ke 1,0571.

Tetapi mata uang tunggal itu tetap berada di bawah tekanan setelah Bank Sentral Eropa perpanjang program stimulus pembelian obligasi di akhir pekan lalu, bahkan dengan mengurangi ukuran pembelian aset.

Pound sedikit berubah, GBP/USD di 1,2596.

Sementara itu, dolar Kanada naik ke level tertinggi tujuh minggu terhadap greenback karena reli harga minyak mendorong mata uang terkait komoditas.

USD/CAD turun 0,52% ke 1,3120, level terlemah sejak 20 Oktober. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES