PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar stabil di level tertinggi sembilan bulan terhadap mata uang utama lainnya pada Kamis, dengan pedagang menunggu laporan ekonomi AS yang akan datang di tengah harapan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve pada akhir tahun ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 98,56, bertahan di bawah puncak sembilan bulan Selasa 99,09.

Indeks tersebut telah menguat 3,4% sepanjang bulan ini setelah komentar hawkish dari para pejabat Fed dalam beberapa pekan terakhir memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga bulan Desember.

Data AS pada hari Rabu kemarin menunjukkan bahwa penjualan rumah baru naik pada bulan September setelah penurunan tajam di bulan Agustus, mengarah ke momentum yang sedang berlangsung dalam pasar perumahan. Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa aktivitas sektor jasa AS menguat dengan tingkat tercepat dalam 11 bulan pada bulan Oktober.

Laporan tersebut datang dengan investor mengalihkan perhatiannya ke angka pertumbuhan kuartal ketiga AS, Jumat. Data tersebut diperkirakan menunjukkan rebound signifikan dari kuartal kedua.

AS akan merilis angka barang tahan lama, klaim pengangguran dan penjualan rumah tertunda di hari Kamis.

Investor saat ini harga di kesempatan 72,5% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Desember Fed; menurut dana federal berjangka dilacak oleh Memantau Alat Fed Tingkat ini.

Investor saat ini menghargai kesempatan 72,0% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Desember; menurut dana federal berjangka terlacak oleh Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed.

Harapan suku bunga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan dolar dengan membuat mata uang tersebut lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor.

Sterling tetap sedikit berubah setelah data pertumbuhan kuartal ketiga menunjukkan bahwa perekonomian Inggris Raya mengabaikan shok kilat referendum Brexit 23 Juni.

GBP/USD awalnya menyentuh level tertinggi 1,2271 sebelum melemah kembali ke 1,2257.

Sektor jasa Inggris, menopang tiga perempat dari perekonomian, berekspansi dalam tiga bulan hingga September, tetapi aktivitas di sektor lain berkontraksi.

Sementara itu, dolar berada di dekat level tertinggi tiga bulan terhadap yen. USD/JPY naik 0,27% ke 104,73.

Euro sedikit berubah, dengan EUR/USD terakhir berada di 1,0916. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES