PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar jatuh lebih lanjut terhadap yen di sesi perdagangan Asia, Rabu, karena poling awal pemilihan presiden AS keluar dan menjelang data regional harga konsumen dan produsen China.

USD/JPY berpindah ke 104,70, turun 0,45%. AUD/USD diperdagangkan pada 0,7743, turun 0,24%, sedangkan GBP/USD menguat 0,19% ke 1,2407.

Poling pertama kali AS keluar pada Rabu pagi, tapi sinyal yang lebih jelas dalam pertempuran di masing-masing negara bagian masih ditunggu. Jika hasilnya jelas, jaringan televisi diharapkan lakukan koneksi resmi pukul 11.00 WIB, Rabu.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,10% ke 97,88.

Ke depan di China, angka CPI bulan Oktober terlihat naik 2,1% tahun-ke-tahun, dengan data bulan-ke-bulan terakhir naik 0,7%. Angka PPI diharapkan menunjukkan kenaikan 0,8% tahun-ke-tahun.

Sebelumnya di Australia, sentimen konsumen Westpac bulan November turun 1,1% dibandingkan dengan pembacaan keuntungan sebelumnya 1,1%. Di Jepang, transaksi berjalan bulan September mencatat surplus ¥1,821 triliun, lebih kecil dari surplus ¥1,96 triliun terlihat disesuaikan, sedangkan angka penyesuaian musiman datang di ¥1,48 triliun juga lebih sedikit dari surplus ¥1,98 triliun terlihat.

Semalam, dolar tetap stabil terhadap mata uang utama lainnya, karena pasar bersiap dengan hasil pemilihan presiden AS antara Hillary Clinton dan Donald Trump.

Pasar menjadi khawatir menjelang hasil pemilihan presiden AS, meskipun sentimen tetap mendukung setelah FBI memberitahu Kongres selama akhir pekan bahwa “tidak mengubah kesimpulannya” terhadap server email pribadi yang dikelola oleh Hillary Clinton.

Berita itu memicu ekspektasi bahwa kandidat Partai Demokrat bisa memenangkan pemilihan, Selasa, yang dipandang sebagai sumber lebih stabilitas pasar keuangan. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES