PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar sebagian besar tidak berubah terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat, dengan investor tetap berhati-hati menjelang laporan pekerjaan AS yang sangat diantisipasi di tengah meningkatnya spekulasi atas kenaikan suku bunga jangka pendek oleh Federal Reserve.

EUR/USD tetap stabil di 1,1196.

Greenback telah melemah setelah Institute for Supply Management mengatakan pada hari Kamis bahwa indeks aktivitas manufaktur turun menjadi 49,4 bulan lalu dari bacaan bulan Juli di 52,6. Hal itu merupakan angka terburuk sejak Januari dan meleset dari harapan untuk sedikit penurunan menjadi 52,0.

Tapi pelaku pasar kini melirik laporan upah non-pertanian di hari Jumat untuk indikasi lebih lanjut tentang kekuatan pasar tenaga kerja setelah Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan di awal minggu ini bahwa pasar tenaga kerja AS hampir dengan kekuatan penuh dan bahwa laju kenaikan suku bunga akan tergantung data selanjutnya.

Data pada hari Kamis menunjukkan bahwa klaim pengangguran awal AS meningkat 2.000 menjadi 263.000 pekan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi peningkatan 4000 menjadi 265.000.

GBP/USD juga stabil di 1,3276, di level tertinggi satu bulan pada sesi sebelumnya 1,3317.

Pound tetap terdukung setelah data pada hari Kamis menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur Inggris Raya beranjak kembali ke wilayah ekspansif pada bulan Agustus, mengurangi kekhawatiran atas potensi perlambatan ekonomi pasca-Brexit.

Sementara itu, USD/JPY menguat 0,25% diperdagangkan pada 103,47, setelah mencapai tertinggi lima minggu di 104,01 pada hari Kamis.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, stabil di 95,70, memantul dari terendah empat hari di 95,58 yang disentuh semalam.  (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES