PT KONTAK PERKASA FUTURESDolar mengalami penurunan nilai pada Selasa pagi, merosot 0,59% terhadap sejumlah mata uang internasional, Indeks dolar AS.

EUR/USD ditutup di dekat $1,063 dan USD/JPY di sekitar 115.

Reli harga minyak mendorong nilai mata uang dari negara dengan industri minyak besar.

Dolar tergelincir terhadap mata uang terkait komoditas seperti AUD/USD, USD/NZD dan USD/CAD hari ini karena harga minyak naik ke level tertinggi sejak pertengahan 2015 dalam momentum perjanjian pengurangan produksi di akhir pekan oleh OPEC dan produsen non-OPEC.

Faktor lain pada Selasa pagi adalah kekhawatiran pasar atas pertemuan Federal Reserve pada hari Selasa dan Rabu di Washington DC.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga di pekan ini, hanya kenaikan kedua kalinya sejak kejatuhan pasar saham di tahun 2008 dan krisis pasar berikutnya di seluruh dunia.

Keuntungan dalam dolar telah terjadi saat pilpres dikaitkan dengan optimisme atas kebijakan yang akan datang dari Presiden terpilih Donald Trump.

Komoditas menguat di seluruh papan, analis mencatat. Beberapa analis memperkirakan dolar akan reli. Ada keyakinan di pasar dalam meningkatnya harapan permintaan dari perekonomiam AS selama pemerintahan presiden yang baru.

Trump akan mengisi kabinetnya dengan mantan CEO dan lain-lain yang terlihat sebagai kebijakan ramah bisnis dan investasi, termasuk pengacara deregulasi di Badan Perlindungan Lingkungan (EPA). (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES