PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar berhenti bergerak di hari Kamis setelah naik ke level tertinggi 14 tahun terhadap mata uang utama lainnya menyusul harapan kenaikan suku bunga AS dan meningkatnya belanja fiskal di bawah pemerintahan presiden baru.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, berada di 100,26.

Pada hari Rabu, indeks telah mencapai level tertinggi 100,60, tertinggi April 2003.

Dolar telah terdukung lebih tinggi dalam ekspektasi bahwa Federal Reserve berada di jalur kenaikan suku bunga di bulan depan.

Ketua Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan Rabu bahwa ia mendukung peningkatan suku bunga, sedangkan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan Fed harusnya tidak bereaksi berlebihan terhadap pergerakan pasar setelah hasil mengejutkan pemilihan presiden.

Investor telah menetapkan kesempatan 85,8% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Desember; berdasarkan dana federal berjangka terpantau oleh Perangkat Monitor Suku Bunga Fed.

Harapan tingkat suku bunga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan dolar dengan membuatnya lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor.

Dolar juga telah terdorong oleh meningkatnya imbal hasil obligasi pemerintah AS dan ekspektasi dorongan stimulus fiskal saat Donald Trump menjadi presiden.

Banyak investor percaya bahwa janji kampanye Trump untuk meningkatkan belanja, memotong pajak dan melonggarkan peraturan keuangan akan menyebabkan kenaikan pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Pertumbuhan yang lebih cepat akan memicu inflasi, yang pada gilirannya akan mendorong the Fed untuk mengetatkan kebijakan moneter ke tingkat yang lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya.

Dolar stabil terhadap yen, dengan USD/JPY di 109,05, bertahan tepat di bawah level tertinggi lima setengah bulan di 109,74 terjadi pada hari Rabu.

Euro terdorong lebih tinggi, dengan EUR/USD naik 0,22% ke 1,0715, setelah jatuh ke posisi terendah 1,0665 pada hari Rabu, level terendah Desember 2015.

Pound juga naik. GBP/USD menguat 0,14% ke 1,2461.

Investor menantikan testimoni Ketua Fed Janet Yellen hari ini tentang reli dolar yang baru-baru ini terjadi dan kenaikan imbal hasil Treasury AS. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES