KONTAK PERKASA FUTURESDolar sebagian besar stabil di sesi Asia pada hari Rabu dalam satu hari dengan data regional yang sedikit dan testimoni Kongres Ketua Fed diperkirakan akan dipantau cermat untuk melihat apakah ia mengubah nada dalam komentar suku bunga yang dibuat pada hari Selasa.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,02% ke 101,18. USD/JPY berubah 114,28, naik 0,02%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7675, naik 0,18%.

Semalam, dolar AS menguat terhadap mata uang utama lainnya pada hari Selasa setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan dalam kesaksian kongres bahwa bank sentral AS akan mempertimbangkan menaikkan suku bunga pada pertemuan yang akan datang.

Yellen mengatakan kenaikan suku bunga akan sesuai pada salah satu pertemuan Fed yang akan datang jika ekonomi berkembang sesuai dengan harapan, menambahkan bahwa menunggu terlalu lama untuk menghapus akomodasi kebijakan moneter tidak bijaksana. Ia juga mengatakan perubahan kebijakan fiskal di bawah pemerintahan Trump dapat mempengaruhi prospek ekonomi, tapi terlalu dini untuk mengetahui bagaimana hal ini akan terungkap.

Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com kurang dari 20% pedagang mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan Maret. Kesempatan peningkatan bulan Juni terlihat hanya di bawah 50%. The Fed telah menunjukkan bahwa dapat menaikkan suku bunga tiga kali tahun ini.

Secara terpisah, data pada hari Selasa menunjukkan bahwa harga produsen AS naik dalam tingkat tercepat selama empat tahun pada bulan Januari karena biaya energi melonjak, tapi dolar yang lebih kuat berarti bahwa inflasi yang tetap stabil.

Indeks harga produsen naik 0,6% pada Januari, kata Departemen Tenaga Kerja.

Dolar telah datang di bawah tekanan sebelumnya setelah penasehat keamanan nasional Presiden Donald Trump Michael Flynn mengundurkan diri pada akhir Senin di tengah tuduhan bahwa ia membahas kemungkinan pencabutan sanksi pejabat Rusia sebelum pelantikan Trump. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES