PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar stabil pada hari Kamis, menghapus aksi jual yang datang setelah kemenangan mengejutkan pilpres Donald Trump dengan pasar merespons negatif hal tersebut.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, stabil di 98,66, dekat dengan level tertinggi semalam.

Indeks tersebut jatuh ke posisi terendah 95,91 Rabu kemarin, setelah hasil pemilu yang tak terduga mengguncang pasar.

Dolar menguat terhadap yen, dengan USD/JPY naik 0,28% ke 105,96.

Pasangan ini turun ke posisi terendah 101,19 pada Rabu kemarin, karena banyak investor memindahkan pengamanan asetnya sehingga memicu permintaan investor bagi aset safe-haven mata uang Jepang.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso telah memperingatkan Selasa bahwa Tokyo akan perlu merespons pergerakan pasar mata uang jika pemilu AS menyebabkan lonjakan yang tiba-tiba dalam yen.

Euro stabil, EUR/USD di 1,0904. Pasangan ini melompat ke level tertinggi 1,1298 pada hari Rabu, tertinggi sejak 8 September, sebelum jatuh ke 1,0902.

Peso Meksiko, dianggap sebagai mata uang yang paling rentan terhadap hasil pemilu, harga tetap mendekati rekor terendah, Kamis, dengan MXN/USD di 0,0501.

Dalam konferensi pers pada hari Rabu, pejabat bank sentral Meksiko mengatakan mereka sedang mengamati volatilitas pasar namun masih menahan diri dari langkah-langkah pencegahan penurunan peso.

Banyak investor masih mengharapkan Federal Reserve AS menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan bulan Desember, yang mendukung permintaan dolar.

Investor saat ini menghargai kesempatan 81,1% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Desember; menurut dana federal berjangka terlacak oleh Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed.

Peluangnya telah turun ke terendah 43% pada satu titik di hari Rabu, sebelum pulih kembali.

Ekspektasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi cenderung meningkatkan dolar, karena biaya pinjaman yang lebih tinggi membuat mata uang tersebut lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES