PT KONTAK PERKASA FUTURES – Dolar bergerak sedikit lebih tinggi terhadap mata uang utama lainnya pada Kamis, dibantu oleh harapan baru kenaikan suku bunga AS sebelum akhir tahun dan investor menunggu serangkaian data AS malam ini, termasuk laporan pertumbuhan kuartal kedua.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan kepada Kongres pada hari Rabu bahwa bank sentral tidak memiliki “jadwal tetap” untuk memodifikasi kebijakan moneternya.

Namun greenback mendapat dukungan setelah Yellen menambahkan bahwa penciptaan lapangan kerja berlanjut dengan laju saat ini yang akan menyebabkan ekonomi overheat dan, dalam kasus itu, Fed bisa dipaksa untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan.

EUR/USD tetap stabil di 1,1220.

Sentimen terhadap euro rapuh, setelah data resmi pada hari Kamis menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Jerman naik 1.000 bulan ini, mengecewakan harapan untuk penurunan 5.000.

Jumlah pengangguran menurun 6.000 pada bulan Agustus, angka itu direvisi dari perkiraan pelemahan sebelumnya 7.000.

USD/JPY melonjak 0,80% diperdagangkan pada 101,49, tertinggi sejak 21 September.

Permintaan safe-haven yen melemah setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak mengatakan sepakat untuk mengurangi produksi ke range 32,5-33,0 juta barel per hari, pengurangan 0,7-2,2% dari perkiraan produksi OPEC saat ini di 33,24 juta barel per hari.

Hal tersebut merupakan kesepakatan pertama sejak tahun 2008.

Namun, antusiasme kesepakatan itu dihapus dengan cepat setelah skeptisisme kalangan analis mengenai rincian perjanjian terbatas itu.

Mata uang Jepang juga di bawah tekanan setelah Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda sebelumnya mengatakan bahwa bank sentral akan mengejar kurva imbal hasil yang paling tepat untuk mencapai target inflasi 2%.

Dia menambahkan bahwa BoJ siap melonggarkan kebijakan lebih lanjut dengan memangkas target suku bunga jangka pendek dan panjang atau dengan memperluas pembelian aset.

Pound beringsut lebih rendah, dengan GBP/USD turun 0,25% menjadi 1,2986, sedangkan USD/CHF sedikit berubah pada 0,9708.

Pasar mengabaikan laporan Bank of England pada hari Kamis yang menunjukkan bahwa pinjaman bersih individu naik £4,5 miliar pada bulan Agustus, dibandingkan dengan ekspektasi peningkatan £4.0 miliar dan keuntungan £3,8 miliar di bulan sebelumnya.

Dolar Australia dan Selandia Baru melemah, dengan AUD/USD turun 0,33% di 0,7666, setelah mencapai level tertinggi tiga minggu 0,7711 semalam, dan NZD/USD tergelincir 0,18% ke 0,7270.

Di tempat lain, USD/CAD naik tipis 0,15% diperdagangkan pada 1,3101, naik dari empat hari terendah 1,3049 dicapai sebelumnya.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,16% pada 95,46, mendekati kembali level tertinggi satu minggu di sesi sebelumnya pada 95,66. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES