PT KONTAK PERKASA FUTURESDolar AS didorong lebih tinggi terhadap sejumlah mata uang pada hari Senin tetapi keuntungan tetap terbatas setelah data menunjukkan perlambatan pertumbuhan upah AS pada bulan Januari mengurangi ekspektasi tingkat yang lebih cepat kenaikan suku bunga di tahun ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,26% ke 99,95.

Sementara laporan pekerjaan Jumat menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan mengalahkan ekspektasi, pertumbuhan upah tetap meningkat, yang sepertinya akan membuat Federal Reserve untuk mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati dalam menaikkan suku bunga.

Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga kurang dari 10%, pedagang mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan Maret.

Kesempatan peningkatan di bulan Juni terlihat hanya di bawah 50%.

The Fed, yang terakhir menaikkan suku pada bulan Desember, telah memprediksi tiga kenaikan suku bunga di tahun ini.

Pekan lalu, The Fed tetap dengan pandangannya bahwa ekonomi meningkat, tetapi tidak memberikan sinyal yang jelas tentang waktu kenaikan suku bunga berikutnya dengan pejabat menunggu untuk menilai dampak ekonomi yang mungkin terjadi dalam kebijakan proteksionis pemerintahan Trump dan komentar terbaru mata uang.

Greenback telah terpukul oleh kekhawatiran bahwa preferensi untuk dolar yang lemah dapat memiliki peran penting dalam agenda ‘America Utama’ Trump.

Dolar sedikit berubah terhadap yen, dengan USD/JPY di 112,62, tidak jauh dari posisi terendah Kamis lalu di 112,04, terlemah 30 November.

Dolar naik terhadap euro, dengan EUR/USD turun 0,32% ke 1,0747.

Di zona euro, data pada hari Senin menunjukkan bahwa pertumbuhan pabrik Jerman menyentuh 2,5 tahun tertinggi pada bulan Januari, dengan pesanan pabrik melompat sebanyak 5,2%. Ini merupakan kenaikan terkuat Januari 2014.

Terhadap pound, dolar juga menghijau, dengan GBP/USD turun 0,25% di 1,2453.

Dolar Australia turun lebih rendah setelah data penjualan ritel domestik mengecewakan, dengan AUD/USD turun 0,25% di 0,7661. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES