KONTAK PERKASA FUTURES  – Dolar didorong lebih tinggi, Rabu, namun keuntungan tetap terbatas dengan para menteri perminyakan dunia berkumpul dalam pertemuan krisis OPEC yang dapat memicu volatilitas di pasar keuangan.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,24% ke 101,22, di bawah level tertinggi hampir 14 tahun di 102,07 disentuh Kamis lalu.

Permintaan dolar terus terdukung setelah laporan ekonomi AS yang optimis, Selasa, mendorong kasus suku bunga AS yang lebih tinggi.

Pertumbuhan kuartal ketiga AS direvisi naik menjadi 3,2%, tingkat terkuat dalam dua tahun, menurut Departemen Perdagangan AS.

Secara terpisah, indeks kepercayaan konsumen Conference Board rebound tajam pada bulan November setelah turun di bulan Oktober.

Laporan tersebut datang menjelang laporan utama manufaktur dan pertumbuhan pekerjaan di akhir pekan ini.

Gubernur Federal Reserve, Selasa, Jerome Powell mengatakan kasus menaikkan suku bunga telah menguat sejak pertemuan bank sentral di awal bulan ini, memberikan kepercayaan lebih lanjut terhadap pandangan bahwa The Fed akan menaikkan suku pada bulan Desember.

Berdasarkan Perangkat Monitor Suku Bunga Fed, 100% dari pedagang mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakannya di bulan Desember.

Suku bunga yang lebih tinggi biasanya mendukung dolar dengan membuat mata uang tersebut lebih menarik menghasilkan keuntungan bagi investor.

Keuntungan dolar terbatas dengan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak OPEC mengadakan pembicaraan di Wina dalam kesepakatan membatasi produksi dan menopang harga minyak.

Tapi keraguan tetap ada tentang apakah pembicaraan itu akan menghasilkan kesepakatan dan kejatuhan baru harga minyak bisa berdampak terhadap keinginan berinvestasi.

Dolar menguat terhadap yen, dengan USD/JPY naik 0,32% ke 112,73, masih jauh di bawah level tertinggi delapan bulan 113,89 terjadi pada hari Jumat.

Euro masih di bawah tekanan, EUR/USD di 1,0640.

Sentimen mata uang tunggal itu terpukul oleh kekhawatiran atas kesehatan sistem perbankan Italia jelang referendum konstitusi Italia yang akan datang pada tanggal 4 Desember, yang dapat melihat pejabat tinggi negara mengundurkan diri.

Sterling sedikit berubah terhadap dolar, dengan GBP/USD di 1,2484. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES