Dominan di MotoGP, Marquez Digosipkan Tarung Juga di Moto2 Musim IniJakarta – Sangat dominan di MotoGP, Marc Marquez bisa memastikan gelar juara dunia MotoGP jauh sebelum musim berakhir. Jika itu benar terjadi, dia mungkin saja akan tampil juga di ajang Moto2 pada seri-seri akhir.

Setelah 10 balapan terlewati di musim 2014 ini Marquez berhasil mengumpulkan nilai sempurna 250. Dia unggul jauh dari Dani Pedrosa yang ada di posisi kedua dengan total poin 161.

Jika mampu mempertahankan rangkaian kemenangan yang dipunya, Marquez bakal bisa memastikan meraih gelar juara dunianya yang kedua pada seri ke-14 yang digelar di Aragon. Padahal setelah itu masih ada empat race lagi yang tersisa di kalender balap MotoGP.

Atas kondisi itu muncul rumor yang menyebut Marquez akan ‘comeback‘ ke kelas Moto2 setelah dia berhasil memastikan diri menjadi juara dunia. Dia bukan sembarang comeback, karena rider 21 tahun itu digosipkan akan tampil pada dua kelas sekaligus yakni MotoGP dan Moto2.

“Tidak, tidak, tidak,” sahut Marquez pada wartawan saat dikonfirmasi wartawan soal isu dirinya akan tampil di dua kelas sekaligus pada akhir musim ini.

“Ya, ya, ya,” celetuk Rossi yang juga berada di depan wartawan. “Setelah dia memenangi kejuaraan ini, Marquez bisa membidik sejarah di balap motor modern dengan tampil pada dua kelas Grand Prix pada empat atau lima balapan terakhir,” seloroh The Doctor.

Sepanjang sejarah seri Grand Prix, menjuarai dua kelas berbeda dalam satu musim pernah dilakukan. Di tahun 1985 Freddie Spencer menorehkan catatan hebat tersebut.

Namun menurut Marquez tampil di dua kelas berbeda sekaligus sepanjang musim akan sangat berat. Namun untuk melakukannya sekali atau dua kali saat gelar sudah didapat itu mungkin saja dia lakukan.

“Tidak, saya pikir itu terlalu berat. Untuk satu akhir pekan saja itu mungkin dilakukan (membalap di dua kelas berbeda), tapi untuk satu musim penuh itu terlalu berat. 32 balapan untuk satu pebalap itu terlalu banyak. Saya juga mendengar rumor itu, tapi saya terkejut mendengarnya. Peluangnya 95% tidak, tapi 5% sisanya adalah Anda tidak tahu,” terangnya.

Meski dua tahun lalu menjadi juara dunia Moto2, Marquez menilai dirinya akan kesulitan jika harus kembali bertarung di kelas tersebut. Selain karena hal-hal teknis, persaingan di kelas Moto2 disebutnya juga sangat ketat.

“Anda tahu, itu hal yang sulit karena Anda mengganti ban… mengganti segalanya. Itu sulit, terutama kita tak bisa lupa kalau Moto2 punya banyak pebalap bagus,” sahutnya.

Artikel: kontakperkasa futures.