PT KONTAK PERKASA FUTURES – Eder menjadi pahlawan Portugal di Piala Eropa kali ini. Sang pelatih, Fernando Santos, mengibaratkan dia sebagai itik buruk rupa yang telah menjelma sebagai angsa nan jelita.

Eder telah membela timnas Portugal sejak 2012. Namun, penampilan dia di klub tidak bagus-bagus amat. Sampai di usia yang tak lagi muda, Eder belum sekalipun bergabung dengan klub besar. Sempat ke Swansea City musim panas lalu, tapi kemudian dia dilepas ke Lille karena kurang cemerlang.

Di final kali ini, Santos tak menjadikan Eder sebagai starter. Pemain Lille 28 tahun itu tampil dari bangku cadangan menggantikan Renato Sanches di menit ke-79.

Keputusan itu membuahkan hasil. Portugal bermain lebih trengginas saat laga bergulir ke extra time. Eder mencetak gol di menit ke-109 dalam laga lawan Prancis yang dihelat di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7/2016) dinihari WIB itu dan laga berakhir dengan skor 1-0. Portugal menjadi juaranya.

Padahal kubu Portugal sempat pesimistis tak bisa menjadi juara setelah kapten tim, Cristiano Ronaldo, dibekap cedera di menit 25. Cedera itu didapatkan setelah Ronaldo ditubruk Dimitri Payet.

“Ketika saya memutuskan untuk menarik keluar Cristiano saya sempat berpikir untuk menurunkan Eder, tapi pada saat itu saya pikir kami harus mengubah permainan, jadi saya menggeser Nani ke tengah agar kami bisa menampilkan permainan cepat,” kata Santos seperti dikutip Soccerway.

“Tapi kemudian kami membutuhkan seseorang untuk bermain di depan dan membiarkan tim menyerang. Kami membutuhkan seorang pemain yang mampu melakukan duel di udara agar menyulitkan Prancis. Kemudian dia mendatangi saya dan bilang, ‘Pelatih, saya akan mencetak gol’. Dia membuktikannya. Itik yang buruk rupa itu telah mencetak gol. Kini dia adalah angsa yang cantik jelita,” ucap dia.

Ungkapan itik yang buruk rupa memang amat lekat dengan timnas Portugal di Piala Eropa kali ini. Kritikan itu muncul dari media lokal yang gemas dengan penampilan A Selecao das Quinas yang kurang meyakinkan sejak fase grup. Mereka juga akrab dengan perpanjangan waktu selama di Prancis ini. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES