Eks Pesepakbola Ini Ungkap Cara Pengaturan Skor di Italia KontakPerkasa Futures, Carlo Gervasoni, merupakan salah satu eks pesepakbola asal Italia yang terlibat di kasus Calcioscommesse. Dia pun mengungkapkan praktik pengaturan skor itu.

Calcioscommesse mencuat mulai 1 Juni 2011 silam. Sebanyak 19 orang pemain diputus bersalah karena kasus itu. Cristiano Doni, Giseppe Signori, dan Gevarsoni merupakan beberapa contohnya.

Pengaturan skor itu meliputi laga-laga di Serie B, Lega Pro Prima Divisione, dan Lega Pro Seconda Divisione. Ada 15 klub yang terlibat.

Gervasoni yang saat itu memperkuat Piacenza, menjadi saksi kunci dalam penyelidikan kasus Calcioscommesse itu. Dia pun mengungkapkan bagaimana praktiknya, pemberian uang sebelum laga menjadi kuncinya.

“Saya memanipulasi sekitar selusin pertandingan, saat saya berada di lapangan, lalu mencoba untuk mengatur yang lain di mana saya tak bermain. Itu rumit untuk memberikan jumlah tepat pemain yang saya hubungi untuk mengatur hasil pertandingan karena masih ada percobaan yang berlangsung. Tapi, sedikit banyak saya berhasil meghubungi 60,” kata Gervasoni di Football Italia.

“Dari 60 orang ini, hanya dua yang bilang tidak: satu pemain Italia dan satu pemain asing. Saya sadar bahwa lebih sulit untuk meyakinkan pemain asing guna terlibat pengaturan skor. Para pemain Italia pada awalnya mempunyai masalah, lalu setelah mereka menggengam uang di tangan sebelum laga, mereka bisa melakukannya lebih mudah,” imbuhnya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.