Ekspor dan Impor China bulan April secara mengejutkan naik.

Ekspor & Impor China Bulan April NaikEkspor naik 0.9% dibanding tahun sebelumnya, saat angka digelembungkan oleh faktur palsu, hal itu menurut rilis data dari Badan Bea dan Cukai di Beijing hari ini. Angka dibandingkan dengan perkiraan rata-rata yang menyatakan penurunan 3% dari survey perkiraan para analis di Bloomberg News. Sementara itu, impor naik 0.8%, menyebabkan neraca perdagangan surplus sebesar $18.46 miliar.

Membaiknya neraca perdagangan dapat mempengaruhi peluang bahwa pemerintah akan mengupayakan guna pelonggaran kebijakan moneter atau pengurangan stimulus yang lebih besar daripada pembangunan rel kereta api dan pengurangan pajak, setelah pertumbuhan ekonomi kuartal pertama berada pada laju terendah dalam 6 periode. China akan mengimplementasikan upaya-upaya guna menstabilkan ekonomi yang berat dan rumit, menurut kabinet pekan lalu.

Ekspor Maret turun 6.6% dibanding tahun sebelumnya dan merosot 18.1% di Februari lalu, penurunan tajam sejak krisis keuangan global, berdasar pada rilis data sebelumnya. Perkiraan bulan April dari 47 ekonom berkisar dari perkiraan 7.5% hingga kenaikan 3.6%.

Impor dibandingkan dengan perkiraan rata-rata yang menyatakan adanya penurunan 2.1% dari survey analis oleh Bloomberg, sementara surplus neraca perdagangan sebesar $16.7 miliar.

Artikel: kontakperkasa futures.