Emas Bergerak Menuju Penurunan Mingguan; Fokus pada Rilis Data Pekerjaan A.SSINGAPORE (10/01) Reuters Komoditi emas mengalami perubahan dihari Jumat ini, seiring investor menunggu angka payroll nonfarm A.S untuk mengukur penguatan terhadap pemulihan ekonomi serta outlook untuk kebijakan moneter.

Bagaimanapun juga logam kuning tersebut telah bergerak menuju penurunan mingguan pertamanya selama tiga pekan terakhir seiring dengan rilis data ekonomi yang sudah menunjukkan bahwa kondisi ekonomi A.S telah mendapatkan kekuatan.

FUNDAMENTAL

* Spot emas nyaris diperdagangkan datardilevel harga $1,227.20 per ons pada jam 00.16 GMT. Turun sebanyak 0.7 percent dipekan ini.

* Jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran dipekan lalu telah berkurang dan tingkat pemecatan yang ada telah mencapai 13 ½ tahun terendah dibulan Desember tahun lalu.

* Market cemas bahwa kuatnya data pekerjaan A.S yang akan dirilis pada hari ini nanti dapat memicu the Fed guna mengurangi stimulus pembelian obligasi yang lebih jauh lagi, bulan lalu The Fed telah mengumumkan sebuah pemangkasan sebesar $10 Milyar pada program pembelian obligasi bulanannya yang sebesar $85 Milyar.

* Bank of America Merrill Lynch telah menurunkan perkiraan harga rata-ratanya untuk tahun 2014 ke level $1,150, mengutip sebuah ketidakpastian dari lingkungan makro-ekonomi dan kurangnya permintaan terhadap investasi.

* Barclays mengatakan bahwa mereka memperkirakan rata-rata harga emas untuk berada pada dilevel $1,205 dan menguji coba level terendah 2010 ditahun ini, seiring dengan kemungkinan logam tersebut untuk berjuang mencari support katalist.

* Data dari BlackRock memperlihatkan bahwa ETP komoditi telah mengalami rekor tahun terburuknya ditahun 2013 seiring investor yang telah melepas kepemilikan emas serta mengikuti reli ekuitas.

* Dana sebesar $42.9 Milyar telah ditarik dari ETP komoditi ditahun 2013, dengan ETP emas yang meyumbang dana sekitar $40 Milyar dari arus keluar tersebut.

Kontrak Emas COMEX dan juga perak telah memperlihatkan bulan yang paling aktif.

 Artikel: kontakperkasa futures.