Emas Bertahan Di Atas Level Terendah Tiga Bulan KontakPerkasa Futures, Emas diperdagangkan di atas level terendah dalam tiga bulan sebagai imbas dari investor yang mengevaluasi dampak isiko China dan Yunani terhadap rencana The Fed yang akan mulai menaikkan suku bunga. Sementara itu, perak, platinum dan paladium menurun.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,157.35 per ounce pada pukul 8:41 pagi waktu Singapura dari level $ 1,158.33 kemarin, menurut harga Bloomberg. Logam tersebut merosot ke level $ 1,147.36 pada hari Rabu, terendah sejak 18 Maret, sebelum rebound 0,3 persen lebih tinggi setelah notulen rapat the Fed menunjukkan bahwa sementara para pejabat melihat membaiknya ekonomi, mereka juga memiliki kekhawatiran atas Yunani.

Emas merosot selama empat kuartal terakhir pada prospek kenaikan pertama suku bunga AS sejak tahun 2006, yang berdampak pada terdorongnya nilai dolar. Pejabat bank sentral mempertimbangkan waktu kenaikan sambil menimbang ekonomi dalam negeri yang telah menunjukkan peningkatan terhadap krisis di China dan Eropa, di mana Yunani mungkin dikeluarkan dari kawasan mata uang tunggal. Investor akan mendapatkan petunjuk lebih lanjut tentang prospek The Fed dan penilaian atas risiko di luar negeri saat Ketua Janet Yellen berbicara pada hari Jumat besok.

Para pejabat pada bulan Juni lalu memperkirakan akan menaikkan suku bunga dua kali tahun ini, mensinyalir bahwa September sebagai bulan yang paling mungkin untuk lepas landas kenaikan suku bunga, sambil menurunkan harapan mereka untuk kenaikan berikutnya. Tingginya biaya pinjaman dan penguatan dollar menurunkan daya tarik emas yang umumnya menawarkan keuntungan hanya melalui kenaikan harga.

Kontrak berjangka untuk pengiriman Agustus turun 0,6 persen ke level $ 1.157 per ounce di Comex setelah naik 1 persen kemarin. Spot perak turun 0,2 persen ke level $ 15,1368 per ounce. Logam mencapai level $ 14,6898 pada Selasa, yang terendah sejak 1 Desember.

Platinum untuk pengiriman segera diperdagangkan 0,6 persen lebih rendah di level $ 1,026.19 per ounce setelah jatuh di hari Rabu pada level $ 1,010.26, terendah dalam enam tahun. Palladium merosot 0,7 persen ke level $ 650,50 per ounce setelah jatuh ke level terendah dua dalam tahun terakhir kemarin.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.