Emas Catat Pelemahan, Palladium Diperdagangkan Dibawah Level Tertinggi 13 ThnEmas jatuh ke level terendah dalam sepekan di London karena penguatan dolar sehingga menahan permintaan untuk perlindungan aset kekayaan. Palladium diperdagangkan turun dari level tertingginya 13-tahun.

Dolar mencapai level tertinggi tujuh bulan terhadap 10 mata uang utama sebelum data hari ini yang mengatakan bahwa para ekonom akan menunjukkan manufaktur AS berada di dekat level tertinggi bulan lalu sejak April 2011 silam.Greenback telah menguat ditengah prospek memulihnya perekonomian AS yang mendorong Federal Reserve untuk menaikkan tingkat suku bunga.

Emas turun 28% tahun lalu ditengah ekspektasi bahwa stimulus AS akan mengalami perlambatan. Harga naik 6,2% tahun ini, sebagian terkait ketegangan geopolitik. Sementara konflik meningkat di Ukraina yang telah meningkatkan kemungkinan bahwa Rusia akan menghadapi sanksi dari Uni Eropa. Rusia adalah pemasok terbesar dari paladium, yang mencapai level tertinggi sejak Februari 2001 silam.

Emas untuk pengiriman segera turun 0,8% ke level $ 1,276.35 per ons pada 9:38 pagi di London, menurut harga Bloomberg. Yang mencapai level $ 1,274.75, merupakan yang terendah sejak Agustus 25 lalu. Emas untuk pengiriman Desember turun sebanyak 0,8% menjadi $ 1,277.10 di New York Comex.

Sementara itu lantai perdagangan di New York ditutup untuk libur Hari Buruh kemarin dan transaksi akan dipesan untuk keperluan penyelesaian hari ini. Volume perdagangan kontrak berjangka adalah dua kali lipat rata-rata untuk 100 hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Artikel: kontakperkasa futures.