Emas Catat Reli Tebesar Sejak Juni Seiring Kembali Bersinarnya Daya Tarik Aset Haven KontakPerkasa Futures, Emas catat kenaikan mingguan terbesar dalam dua bulan terakhir seiring daya tarik aset save haven logam akhirnya mulai menarik investor lagi.

China secara tak terduga mendevaluasi yuan pekan ini yang mengguncang pasar global, mendorong daya tarik emas sebagai penyimpan nilai. Logam, diabaikan selama krisis hutang Yunani dan telah menetap di dekat level terendah dalam lima tahun terakhir, rebound ke level tiga pekan terrtingginya pada hari ini Jumat, sebelum diperdagangkan mendatar.

Kenaikan bullion juga telah minggu ini didorong penurunan dolar, mendorong daya tarik logam sebagai aset alternatif. Kekhawatiran bahwa perlambatan pertumbuhan ekonomi di China dan Eropa akan menyebar ke AS juga telah memacu pembelian emas. Negara Asia mengatakan telah membeli sekitar 19 metrik ton bulan lalu.

Di Comex, emas berjangka untuk pengiriman Desember turun sebesar 0,3 persen untuk menetap di level $1,112.70 per ons pukul 13:43 di New York. Harga emas naik sebesar 1,7 persen pekan ini, terbesar sejak pertengahan Juni.

Juga di Comex, perak jatuh. Paladium naik di New York Mercantile Exchange, sementara platinum turun. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.