4Emas bertahan di atas $1.200 per ons pasca rally selama dua hari ke level tertingginya dalam hampir sepekan terakhir seiring merosotnya pasar ekuitas dan kekhawatiran bahwa Yunani mungkin akan keluar dari zona euro mendorong permintaan untuk safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera ditransaksikan pada $1,203.64 per ons pada pukul 9:34 pagi di Singapura dari level $1,204.86 kemarin, ketika harga emas naik menjadi $1,207.60, tertinggi sejak 30 Desember lalu, menurut harga generik Bloomberg. Emas telah naik dari level satu bulan terendah pada level $1,168.34 pada jumat lalu. bahkan ketika harga minyak dan kerugian euro kembali berlanjut.

Aset di SPDR Gold Trust, produk emas yang diperdagangkan di bursa terbesar, meningkat kemarin untuk pertama kalinya dalam dua pekan terakhir, naik dari level terendah sejak September 2008 lalu. US Mint menjual 42.000 ons koin emas kemarin dibandingkan dengan 18.000 ons dalam semua Desember. Di China, konsumen terbesar, volume untuk kontrak emas acuan naik kemarin ke level tertinggi dalam sepakan terakhir.

Saham Asia memperpanjang penurunan global saat minyak di New York turun di bawah level $50 per barel untuk pertama kalinya sejak April 2009 lalu terkait spekulasi bahwa kenaikan output global akan memperburuk cadangan. Euro mendekati level terendah hampir sembilan tahun terakhir seiring dimulainya kampanye di Yunani untuk pemilihan pada 25 Januari mendatang bahwa Perdana Menteri Antonis Samaras mengatakan kemenangan partai oposisi Syriza dapat menyebabkan keluar Yunani dari wilayah 19-anggota.

Artikel: kontakperkasa futures.