PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas masih defensif dengan sedikit berubah di sesi perdagangan Eropa pada hari Selasa, setelah investor masih menilai kemungkinan pelonggaran moneter oleh bank sentral global.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik tipis 1,65 $, atau 0,12%, diperdagangkan pada $1,330.85 per troy ounce pukul 13.56 WIB. Sehari sebelumnya, harga tertempel di $1,90, atau 0,14%.

Dukungan terhadap emas berkurang dengan harapan yang berkembang bahwa bank sentral di seluruh dunia akan meningkatkan stimulus moneter dalam waktu dekat untuk menghadapi gejolak ekonomi negatif dari Brexit.

Para pelaku pasar tampaknya masih menanti hasil pertemuan Bank Sentral Eropa Kamis, untuk melihat apakah pembuat kebijakan akan meningkatkan stimulus moneter akibat Inggris keluar dari Uni Eropa.

Konsensus memberikan gambaran bahwa bank sentral akan mempertahankan tingkat suku bunga stabil, sementara Presiden ECB Mario Draghi diperkirakan akan memberikan pernyataan pesimis dovish dan mungkin mengisyaratkan stimulus lebih lanjut untuk mengimbangi tekanan ekonomi dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Pedagang juga berfokus pada apakah Bank of Japan akan memperluas stimulus moneter pada pertemuan kebijakannya akhir bulan ini. Yen telah ditekan oleh ekspektasi meriam ganda; pelonggaran fiskal dan moneter yang akan menjadi perhatian penting dalam beberapa minggu ke depan.

Investor juga berspekulasi pada suku bunga Bank of England di bulan Agustus, sementara beberapa melihat banyak kesempatan kenaikan tingkat suku bunga Federal Reserve AS dalam waktu dekat.

Ekspektasi stimulus moneter cenderung menguntungkan emas, dengan logam dipandang sebagai penyimpan dan pelindung nilai inflasi yang aman.

Logam mulia ini naik hampir 25% sepanjang tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan pelaku pasar menahan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September merosot 9,2 sen, atau 0,46%, diperdagangkan pada $19,98 per troy ounce di sesi awal perdagangan London, sementara tembaga berjangka merosot 0,3 sen, atau 0,13%, ke $2,234 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES