PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Harga emas masih tak berdaya, berada di zona merah di sesi perdagangan Eropa pada hari Kamis, membalikkan kenaikan semalam, akibat meredanya kekhawatiran atas keputusan mengejutkan dari Inggris Raya untuk meninggalkan Uni Eropa, mengurangi permintaan untuk aset safe haven.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York turun $8,50, atau 0,64%, diperdagangkan di $1,318.30 per troy ounce pada pukul 13.55 WIB. Sehari sebelumnya, harga emas naik $9,00, atau 0,68%.

Harga logam kuning melonjak ke puncak 27 bulan di $1,362.60 Jumat lalu, setelah hasil referendum Inggris Raya untuk keluar dari Uni Eropa membuat investor membanjiri emas dan aset safe haven lainnya.

Berita tersebut mengangkat kekhawatiran bahwa negara lain mungkin akan meninggalkan blok tersebut dan pertumbuhan global akan berada di bawah tekanan yang signifikan, sedangkan kepastian waktu Inggris Raya keluar segera dari Uni Eropa masih tidak jelas.

Namun sejauh ini Inggris Raya telah menahan diri menggunakan Pasal 50, perjanjian yang akan memulai batas waktu dua tahun bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Emas tetap terdukung oleh karena para pelaku pasar mengesampingkan kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve di tahun ini setelah terjadinya kejutan referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Bahkan, pasar berjangka sekarang mencerminkan kemungkinan bahwa Fed benar-benar bisa menurunkan suku bunga sebelum akhir tahun, bukan menaikkannya.

Menurut perangkat Fed Watch CME, saat ini ada 0% probabilitas dari kenaikan suku bunga Fed pada bulan Juli dan probabilitas 3% penurunan suku bunga.

Logam mulia ini naik hampir 25% sepanjang tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan para pelaku pasar menahan kembali harapan untuk kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Investor juga masih menunggu data AS hari ini untuk mengukur kesehatan ekonomi terbesar di dunia tersebut. AS akan merilis data mingguan klaim pengangguran pada pukul 19.30. Setelah itu, data aktivitas bisnis di wilayah Chicago pada pukul 20.45 WIB.

Di tempat lain di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September naik tipis 7,3 sen, atau 0,4%, untuk diperdagangkan di $18,48 per troy ounce pada sesi awal London, sementara tembaga berjangka tertempel 1.1 sen, atau 0,5%, ke $2,197 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES