Emas Melesat Ke Level Tertinggi Terkait Ekspektasi Penundaan Kenaikan Fed Rate KontakPerkasa Futures, Emas melesat ke level tertinggi dalam hampir dua pekan terakhir pada hari Selasa karena perlambatan data ekonomi AS mendukung spekulasi investor bahwa Federal Reserve akan menunda kenaikan suku bunga hingga tahun depan.

Spot emas sedikit berubah pada level $1,147.40 per ons pukul 07:39 waktu Singapura. Emas naik ke level $1,151.20 di sesi sebelumnya, kenaikan tertinggi sejak 24 September lalu.

Data ekonomi yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan bahwa ekspor AS terpukul oleh perlambatan ekonomi global pada bulan Agustus dan impor dari China melonjak, memicu ekspansi terbesar dari defisit perdagangan Amerika dalam lima bulan terakhir.

Pasca rilis data nonfarm payrolls pekan lalu menunjukan pelemahan, menunjukkan kerentanan ekonomi AS akibat penguatan dolar dan lemahnya permintaan di pasar luar negeri, bisa memaksakan The Fed lebih berhati-hati dengan rencananya untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir.

Kenaikan suku bunga dapat meredam permintaan terhadap aset tidak berbayar seperti emas.

Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan bulan lalu ia memperkirakan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga tahun ini, namun pelemahan data ekonomi AS sejak itu dan berhati-hati tentang ekonomi global telah mendorong banyak spekulasi penundaan kenaikan suku bunga.

Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan global untuk kedua kalinya tahun ini pada Selasa, mengutip penurunan harga komoditas dan perlambatan di China dan memperingatkan bahwa kebijakan yang bertujuan peningkatan permintaan sangat dibutuhkan. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.