PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Emas naik di sesi Asia pada hari Jumat ini, setelah pound jatuh karena kegelisahan investor dalam perdagangan yang volatil atas hasil referendum Inggris apakah memilih tetap atau tinggalkan Uni Eropa dengan margin suara yang tipis.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas untuk pengiriman Agustus naik 1,58% menjadi $1,282.90 per troy ounce.

Perak untuk pengiriman Juli, naik 0,85% ke $ 17,500 per troy ounce, sementara tembaga berjangka untuk Juli turun 1,02% ke 2,142 per pon.

Hasil awal dalam referendum Inggris Raya tentang keanggotaannya di Uni Eropa mengguncang pasar sebelumnya, meyakinkan kampanye Tetap di jalan menuju kemenangan.

Guncangan datang setelah kemenangan telak untuk “Pergi” di Sunderland, timur laut Inggris, dan juga “Tetap” hanya menang tipis di Kota tetangga Newcastle. Hasil tersebut lebih kuat daripada hasil “Pergi” yang diharapkan pakar, tetapi itu mungkin hanya menjadi indikator awal pola suara wilayah yang sangat beragam.

Pergi memenangkan 61,3% suara di Sunderland dan 49,3% di Newcastle.

Para pemimpin politik dan pejabat, dengan pengecualian dari pemimpin Partai Kemerdekaan Inggris Nigel Farage, menghindari peramalan hasilnya.

“Saya berpikir bahwa “Tetap” mungkin hanya panggilannya,” kata Farage.

Bukti kampanye menunjukkan bahwa London telah solid mendukung Tetap. Berlawanan dengan hal ini sudah ada banyak anekdot politisi Partai Buruh yang tidak bahagia, telah melihat jumlah pemilih Tetap kuat di beberapa wilayah penting tradisional utara.

Pemimpin Partai Buruh mendukung Tetap, sementara pimpinan konservatif mempelopori kampanye Pergi.

Semalam, emas berjangka beringsut turun di tengah dolar melemah luas, setelah ekuitas global meningkat tajam pada hari Kamis, pada waktu sebelum pemungutan suara ditutup di Inggris Raya.

Suara “Pergi” secara luas dianggap sebagai optimis bullish untuk emas, karena investor menumpuk investasinya ke aset safe haven dengan peningkatan kekhawatiran bahwa pemisahan Inggris dari blok Eropa bisa memicu resesi di seluruh zona euro. Secara khusus, hal tersebut membutuhkan minimal dua tahun bagi Inggris Raya untuk meninggalkan Uni Eropa jika kampanye “Pergi” menang.

Di wilayah euro, FTSE 100 melonjak 1,23% menjadi 6,338.10, sedangkan yang lebih luas Index Stoxx Euro 600 melonjak 1,47% ke 346,34. Kinerja yang kuat beredar di Wall Street, di mana indeks utama naik tajam dalam perdagangan sore AS. Dan, Dow Jones Industrial Average berdiri di 17,939.10, naik 158 poin pada sesi tersebut. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES