Emas Melonjak ke Level Enam Bulan TertinggiEmas naik ke level tertingginya dalam lebih dari enam bulan terakhir, melanjutkan reli mingguan terpanjangnya sejak Agustus 2011 lalu pasca referendum di Crimea yang menentukan berpisah dengan Ukraina atau bergabung dengan Rusia yang mendorong permintaan untuk lindung nilai.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,7 persen ke level $1,392.22 per ons, level tertingginya sejak 9 September lalu, dan berada di level $1,386.87 pukul 07:49 pagi di Singapura. Logam menandai kenaikan mingguan keenamnya pekan lalu seiring kepemilikan emas ETF yang diperdagangkan di bursa terbesar berbasis emas naik ke level tertingginya tahun ini.

Emas naik sebesar 15 persen tahun ini karena gejolak di Ukraina dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di China sebagai konsumen emas terbesar, meningkatnya permintaan untuk perlindungan kekayaan. Aset di SPDR Gold Trust, produk yang diperdagangkan di bursa terbesar berbasis emas meningkat untuk minggu ketiga di level 1,766.4 metrik ton, level tertingginya sejak 27 Desember lalu. Sementara itu, data yang dihimpun oleh Bloomberg menunjukan, pasca kontraksi emas ke level terendahnya tahun lalu. Logam mengalami rebound dari penurunan tahunan terbesarnya sejak 1981 lalu jelang pertemuan Federal Reserve AS pada 18-19 Maret mendatang mengakibatkan berkurangnya pembelian aset safe haven.

Emas untuk pengiriman April naik sebanyak 1 persen ke level $ 1,392.60 per ons di Comex New York, level intraday tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 9 September lalu. Posisi net-long emas naik 4 persen ke level 123.007 dan harga opsi pada pekan yang berakhir jumat lalu adalah kenaikan terbesarnya sejak Desember 2012 lalu, data dari Commodity Futures Trading Commission AS menunjukkan. Kepemilikan emas jangka pendek turun sebesar 20 persen ke level 21.073, level terendahnya sejak Oktober lalu.

 Artikel: kontakperkasa futures.