PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas menguat ke level tertinggi empat minggu pada hari Jumat, setelah keputusan Bank of England untuk menurunkan suku bunga terus mendukungnya dan investor juga memantau rilis data kunci tenaga kerja AS malam ini.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,23% pada $1,370.55.

Kontrak Desember mengakhiri sesi Kamis 0,20% lebih tinggi pada $1,367.40 per ounce.

Kemungkinan besar akan temukan support di $1,347.00, Kamis terendah dan resistance di $1,374.90, tertinggi 6 Juli.

Harga emas bergerak lebih tinggi setelah Bank of England menyampaikan pemangkasan tingkat suku bunga pertama dalam tujuh tahun di hari Kamis kemarin dan mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk merangsang perekonomian, dalam upaya menghadang resesi setelah referendum Inggris pada bulan Juni untuk meninggalkan Uni Eropa.

BoE menurunkan suku bunga ke rekor terendah 0,25% dalam upaya untuk menyangga perekonomian dari penurunan setelah pemungutan referendum Brexit.

Bank sentral juga mendorong program pelonggaran kuantitatif sebesar £60 miliar dan memangkas proyeksi pertumbuhan untuk tahun depan. Sekarang mengharapkan pertumbuhan hanya 0,8% pada tahun 2017, turun dari 2,3% pada perkiraan bulan Mei-nya.

Hampir semua ekonom memperkirakan BoE untuk memotong suku bunga dan banyak juga mengharapkan untuk melanjutkan program multi-miliar pound pembelian obligasi pemerintah.

Logam mulia ini juga terdukung oleh melemahnya dolar AS menyusul data AS yang beragam di hari Kamis.

Sentimen greenback masih tetap rentan setelah Biro Sensus AS mengatakan pada hari Kamis bahwa pesanan pabrik turun 1,5% pada bulan Juni, lebih baik dari perkiraan untuk penurunan 1,8%.

Laporan itu muncul setelah Departemen Tenaga Kerja mengatakan awal klaim pengangguran meningkat 3.000 untuk 269.000 dari total pekan sebelumnya dari 266.000. Analis memperkirakan klaim pengangguran menurun 1.000 menjadi 265.000 pekan lalu.

Laporan itu muncul setelah Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan klaim awal pengangguran meningkat 3.000 menjadi 269.000 dari total pekan sebelumnya sebesar 266.000. Analis memperkirakan klaim pengangguran turun 1.000 menjadi 265.000 di pekan lalu.

Pelaku pasar kini melihat ke depan pada laporan upah pekerjaan non-pertanian AS yang sangat diantisipasi, Jumat malam, untuk indikasi lebih lanjut tentang kekuatan pasar tenaga kerja AS.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, turun 0,13% pada 95,63.

Pelemahan dolar biasanya menguntungkan emas, karena meningkatkan daya tarik logam tersebut sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak berjangka untuk pengiriman September sedikit berubah pada $20,447 per troy ounce, sementara tembaga berjangka untuk pengiriman September naik tipis 0,09% menjadi $2,176 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES