Emas Meningkat Hari Keempat Terkait Risalah The FedEmas naik untuk hari keempat ini merupakan gain terpanjang dalam hampir empat bulan terakhir karena pelemahan dolar pasca kekhawatiran The Fed terkait melambatnya pertumbuhan global yang berisiko meredam pemulihan perekonomian.

Hasil rapat dari Federal Open Market Committee (FOMC) pada pertemuan 16-17 September dirilis kemarin yang menunjukkan pertumbuhan nasional mungkin lebih lambat dari yang diharapkan apabila pertumbuhan ekonomi asing datang lebih lemah dari perkiraan sebelumnya. Indeks Spot Dollar Bloomberg menyentuh level terensah dua pekan hari ini.

Emas rebound dari level terendah di tahun ini pada 6 Oktober lalu karena para investor mendorong kembali spekulasi The Fed yang akan menaikkan suku bunga serta kembalinya konsumen China pasca hari libur selama sepekan lalu. Logam ini telah menghapus gain untuk setahun pada minggu lalu seiring pemulihan ekonomi AS yang mendorng biaya pinjaman yang lebih tinggi. Naiknya suku bunga mengurangi daya tarik emas karena logam tersebut umumnya hanya menawarkan investor sewaktu harga kembali mengalami kenaikan, sementara penguatan dolar biasanya memangkas permintaan untuk nilai lindung.

Emas untuk pengiriman segera di London naik sebanyak 0,7% berada pada level $ 1,229.98 per ons, merupakan yang tertinggi sejak 26 September lalu, dan berada di level $ 1,225.99 pada10:07 pagi. Emas untuk pengiriman Desember meningkat sebesar 1,7% menjadi $ 1,226.50 per ons.(hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.