PT KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas tetap stabil di bawah level tertinggi dua tahun di sesi perdagangan Eropa, Rabu (3/8) dengan investor memandang ke depan pada data AS di sesi selanjutnya untuk mengukur kesehatan ekonomi terbesar di dunia itu dan apakah cukup kuat untuk menjamin sebuah kenaikan suku bunga di tahun ini.

AS akan merilis laporan pekerjaan ADP untuk bulan Juli pukul 19.15 WIB dengan analis pasar mengharapkan keuntungan sebesar 170.000 gaji sektor swasta.

Pada pukul 21.00 WIB, Institute of Supply Management AS akan mempublikasikan laporan pertumbuhan sektor jasa untuk bulan Juli, di tengah ekspektasi untuk penurunan moderat.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York merosot $2,55, atau 0,19% diperdagangkan pada $1,370.05 per troy ounce pukul 13.59 WIB.

Sehari sebelumnya, emas melonjak ke $1,374.20, tertinggi sejak 11 Juli, ketika harga melonjak ke posisi tertinggi lebih dari dua tahun di $1,377.50.

Harga logam kuning telah terdukung dalam sesi baru ini di tengah memudarnya harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS lebih lambat dari yang diharapkan pada kuartal kedua.

Dana Fed berjangka saat ini hanya menghargai kesempatan 12% dari kenaikan suku bunga pada bulan September. Peluang Desember berada sekitar 38%, dibandingkan dengan 53% pada awal pekan lalu.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada rangkaian peningkatan yang cepat.

Di tahun ini, logam mulia naik hampir 28%, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan ekspektasi stimulus moneter.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, merosot ke posisi terendah enam minggu 94,94 pada hari Selasa. Harga terakhir berada di 95,25 Rabu.

Juga di Comex, perak berjangka untuk pengiriman September mereda 1,7 sen, atau 0,08%, diperdagangkan pada $20,71 per troy ounce di awal perdagangan London, sementara tembaga berjangka berkurang 0,9 sen, atau 0,41%, ke $2,200 per pon. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES