Emas Tahan Penguatan Mingguan Seiring Aksi Jual Ekuitas Global Picu Permintaan KontakPerkasa Futures, Emas tahan penguatan mingguan terbesar sejak Januari seiring gejolak dalam ekuitas global dan komoditas mendorong investor untuk mencari aset haven.

Bullion untuk pengiriman segera ditransaksikan pada level $1,162.35 per ons pukul 9:18 pagi di Singapura dari level $1,160.77 pada hari Jumat kemarin, ketika logam catat kenaikan mingguan sebesar 4,1 persen, menurut harga generik Bloomberg. Harga emas naik menjadi $1,168.39 pada hari Jumat, level tertinggi sejak 7 Juli lalu.

Meningkatnya kekhawatiran bahwa goyahnya pertumbuhan global memukul pasar saham, mata uang emerging-market dan komoditas pekan lalu, dan aksi jual semakin memperdalam penurunan pada hari Senin. Indeks saham Jepang hingga Australia tenggelam diikuti dengan indeks berjangka AS, yang menunjukkan penurunan yang mengirim indeks Dow Jones Industrial Average terkoreksi pada Jumat kembali berlanjut. Dolar stagnan pada Senin di tengah spekulasi Federal Reserve mungkin tidak menaikkan suku bunga bulan depan.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,3 persen menjadi $1,163.50 per ons pasca melonjak sebesar 4,2 persen pekan lalu.

Perak untuk pengiriman segera turun 0,3 persen ke level $15,2705 per ons, sementara paladium merosot sebesar 0,9 persen menjadi $596,88 per ons. Platinum mendatar pada level $1,019.60 per ons. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.