Emas Tergelincir Karena Optimis Data Pekerjaan AS KontakPerkasa Futures, Emas dibuka turun pada hari Senin, diperdagangkan mendekati 5 ½ tahun terendah, karena menguatnya dolar AS setelah solidnya keuntungan dalam pekerjaan AS pada bulan Juli memberikan referensi bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan.

Spot emas telah turun 0,2% ke level $ 1,090.25 per ons pada pukul 07:41 WIB. Logam telah turun untuk minggu ketujuh berturut-turut pada pekan lalu, pelemahan terpanjang sejak tahun 1999, setelah berjuang untuk melepaskan diri dari penurunan dalam 5 ½ tahun sampai $ 1.077 yang dicapai selama penurunan akhir bulan Juli.

Emas untuk pengiriman Desember turun 0,4% ke level $ 1,089.70 per ons.

Data nonfarm payrolls AS meningkat 215.000 pada bulan Juli dan upah mengalami rebound setelah kejutan di bulan sebelumnya, tanda-tanda perbaikan ekonomi yang membuka pintu lebih lebar untuk kepentingan kenaikan suku bunga AS bulan depan. Tingkat pengangguran bertahan di level terendah tujuh tahun sebesar 5,3%.

Data payrolls bulan Mei dan Juni direvisi untuk menunjukkan 14.000 pekerjaan lebih diciptakan dari yang dilaporkan sebelumnya, dan analis mengatakan laporan tersebut “dengan mudah membersihkan rintangan yang diperlukan untuk menjaga The Fed berada di jalur untuk kenaikan suku bunga di bulan September”.

Kenaikan tingkat suku bunga AS, yang pertama sejak 2006, telah membebani emas yang tidak memberikan imbal hasil, menarik lebih banyak dana untuk dolar.

Konsumen teratas emas China berada di bawah tekanan untuk lebih merangsang perekonomian setelah data yang mengecewakan pada akhir pekan menunjukkan penurunan tajam lain untuk harga factory-gate dan penurunan yang mengejutkan dalam ekspor.

Cadangan devisa China, terbesar di dunia, turun $ 42.5 miliar pada bulan Juli menjadi $ 3.65 miliar, penurunan bulanan tertajam sejak bulan Maret di tengah tanda-tanda arus keluar modal. Nilai cadangan emas China turun menjadi $ 59.24 miliar dari $ 62.4 miliar.

Penurunan kepemilikan dalam SPDR Gold Trust, ETP berbasis emas terbesar di dunia, menyentuh 21.47 juta ons pada hari Jumat, terendah sejak September 2008.

South African Chamber of Mines mengatakan semua serikat yang mewakili pekerja di sektor emas telah menolak tawaran kenaikan upah akhir dari produsen bullion, menetapkan tahap untuk negosiasi yang berlarut-larut.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.