PT KONTAK PERKASA FUTURES – Luis Enrique memuji penampilan Barcelona di 40 menit pertama kala melawan ke Manchester City. Namun setelah itu, dia mengakui ada kekacauan.

Barca memulai laga di Etihad Stadium, Rabu (2/11/2016) dinihari WIB dengan relatif baik. Percobaan pertama mereka yang lahir di menit ke-24 lewat Lionel Messi langsung berujung gol.

Satu upaya lain dari Neymar pada menit ke-36 juga mengancam gawang City, meski pada akhirnya diamankan kiper. Dalam rentang ini, City praktis baru sekali menebar bahaya lewat sepakan jarak jauh Ilkay Guendogan.

Nah, titik balik untuk Barca disebut Enrique adalah pada gol pertama City, yang terjadi di menit ke-39. Sebuah kesalahan umpan dari Sergi Roberto berhasil dimanfaatkan Sergio Aguero untuk mengoper ke Raheem Sterlng, yang dilanjutkan dengan umpan ke Guendogan hingga diceploskannya menjadi gol.

Nah, praktis sejak gol itu City menguasai permainan. Mereka pada prosesnya mencatatkan dua percobaan lain yang tepat sasaran dan berbuah gol, masing-masing lewat Kevin de Bruyne dan gol kedua Guendogan.

Sementara Barca tak sekalipun mengancam gawang City secara langsung sampai selesai. Peluang terbaik mereka adalah ketika sepakan Andre Gomes menghajar mistar gawang.

Enrique mengakui City memanfaatkan kesalahan-kesalahan timnya dengan baik. Malah ada nuansa kegugupan di lini belakang Blaugrana setiap kali menghadapi serangan City.

“Kami memainkan 40 menit yang spektakuler, tapi kami melakukan sebuah kesalahan kunci dan itu melukai kami karena kami bukanlah mesin,” ujar Enrique dikutip Sky Sports.

“Saya rasa itu adalah salah satu 40 menit terbaik yang sudah kami mainkan. Setelah eror untuk gol pertama, sejak saat itu kami punya masa yang buruk.”

“Kami tidak banyak menguasai bola dan City mengambil keuntungan dari kesalahan kami. Mereka punya pemain-pemain top dan kami tidak bisa mengontrol laga dengan cara yang sama. Hasilnya mencerminkan itu,” tandas pelatih 46 tahun ini. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES