KONTAK PERKASA FUTURES  – Wasit yang memimpin laga antara Athletic Bilbao dan Barcelona mendapat sorotan karena dinilai kontroversial. Meski demikian, Luis Enrique enggan berkomentar.

Barca pulang dari lawatannya ke San Mames dengan kekalahan. Dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (6/1/2017) dinihari WIB, Blaugrana takluk 1-2 di tangan Bilbao.

Penampilan wasit Fernandez Borbalan yang memimpin laga tersebut mendapat sorotan tajam. Dia dinilai membuat sejumlah keputusan kontroversial, terutama di babak pertama.

Borbalan tak memberi hukuman kepada Aritz Aduriz yang terlihat menyikut Samuel Umtiti di kotak penalti Barca dalam situasi sepak pojok. Borbalan juga tak memberi Barca hadiah penalti setelah Neymar dijatuhkan oleh Xabier Etxeita.

Keputusan tersebut lantas mendapat protes keras dari para pemain Barca. Borbalan kemudian justru memberi kartu kuning kepada Andres Iniesta, Jordi Alba, dan Sergio Busquets untuk protes tersebut.

Soal performa wasit, Enrique enggan berkomentar. Menurutnya, tugas wasit di atas lapangan sudah sangat berat.

“Di Akhir babak pertama, Anda bisa melihat rasa frustrasi dengan keputusan wasit,” ujar Enrique seperti dikutip dari Football Espana.

“Wasit punya tugas yang sangat berat. Kita semua melihat segala sesuatu dari sudut pandang keuntungan diri sendiri, itulah kenapa saya tidak pernah berkomentar soal wasit. Itu adalah salah satu pekerjaan terberat,” katanya.

Barca akan gantian menjadi tuan rumah di leg kedua yang akan digelar pada hari Kamis (12/1/2017) dinihari WIB. (hnm) –  KONTAK PERKASA FUTURES