Defisit Perdagangan Jepang Memperlihatkan Impor Tahunan Terseret Terhadap PemulihanEkspor China merosot tajam sejak 2009 silam dan menaikkan angka deflasi yang merupakan tantangan bagi Perdana Menteri Li Keqiang untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 7.5%.

Ekspor China secara mengejutkan turun 18.1% di Februari lalu dibandingkan di awal tahun, menurut rilis data dari bea dan cukai pada tanggal 8 Maret lalu, dibandingkan dengan estimasi rata-rata dari para ekonom yang menyatakan adanya kenaikan sebesar 7.5%. Indeks Harga Produsen turun 2%, penurunan tajam sejak Juli tahun lalu, menurut laporan dari Badan Pusat Statistik China kemarin, memperpanjang penurunan tertingginya sejak 1999 silam.

Adanya distorsi saat Libur Tahun Baru Imlek dan faktur yang fiktif, sehingga menggelumbungkan angka pada neraca perdagangan tahun lalu, selain itu juga kenaikan impor yang melampaui dari perkiraan sebelumnya, menyebabkan kesulitan untuk menilai gambaran yang sebenarnya akan permintaan domestik dan global untuk barang-barang dari China. Turunya indeks harga konsumen.

 Artikel: kontakperkasa futures.