PT KONTAK PERKASA FUTURES – Euro jatuh ke posisi terendah empat bulan terhadap dolar di perdagangan yang volatil pada Kamis malam setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengindikasikan bahwa penyesuaian program stimulus bank bisa datang pada bulan Desember.

EUR/USD menyentuh level rendah 1,0935, level terlemah sejak 24 Juni, turun dari intraday tertinggi 1,1039.

Mata uang tunggal tersebut awalnya bergerak lebih tinggi setelah Draghi mengatakan ECB tidak membahas program pembelian aset tapering, atau kemungkinan meruncing di mana stimulus mungkin berakhir dalam pertemuan tersebut.

Namun euro cepat berbalik lebih rendah setelah Draghi menunjukkan bahwa penyesuaian program stimulus bank bisa datang pada bulan Desember, dengan mengatakan penilaiannya akan mendapat manfaat dari proyeksi ekonomi baru yang akan disusun oleh para analis ECB.

ECB mempertahankan suku bunga zona euro tidak berubah pada rekor terendah nol di Kamis malam dan menetapkan tingkat fasilitas deposit di -0.4%.

Ekonomi zona euro terus mencatatkan “pemulihan yang moderat, dan kenaikan bertahap dalam inflasi”, kata Draghi.

Dia menambahkan bahwa kawasan euro juga terus menunjukkan “ketangguhan” atas ketidakpastian ekonomi dan politik, setelah referendum 23 Juni Inggris keluar dari Uni Eropa.

Euro tetap lebih tinggi terhadap pound, dengan EUR/GBP di 0,8950 dan mendatar terhadap yen, EUR/JPY diperdagangkan di 113,55. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES