KONTAK PERKASA FUTURESDolar AS menguat terhadap sejumlah mata uang pada Selasa malam, di tengah harapan baru suku bunga yang lebih tinggi, sementara euro berada di jalur penurunan satu hari terbesar pada tahun 2017 hingga saat ini dengan meningkatnya risiko politik yang terus membebani.

EUR/USD mencapai posisi terendah lebih dari satu minggu di 1,0656 dan terakhir di 1,0672, turun 0,70% untuk hari.

Sentimen terhadap euro terpukul oleh kekhawatiran atas kemungkinan Brexit atau hasil pilpres AS yang mengejutkan dalam pemilihan presiden Perancis mendatang.

Kekhawatiran atas pemilu di Belanda, Jerman dan mungkin Italia, dan juga bailout Yunani yang menambah kekhawatiran risiko politik di kawasan euro.

Pernyataan Dovish Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, pada hari Senin mengabaikan permintaan bank untuk kembali ke program stimulus, juga menjaga mata uang tunggal itu defensif.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, naik 0,75% ke 100,59.

Dolar menguat di seluruh papan pada Selasa malam setelah Presiden Fed Philly Patrick Harker, Senin mengatakan ia akan mendukung kenaikan suku bunga bulan Maret.

Terhadap yen dolar lebih tinggi, dengan USD/JPY bertambah 0,64% ke 112,43, rebound dari posisi terendah kemarin malam 111,58, terendah 29 November.

Yen safe haven telah meningkat hampir 4% terhadap dolar sejak awal tahun ini di tengah kurang jelasnya kebijakan ekonomi Presiden AS Donald Trump.

Data pada hari Selasa menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS menyusut pada bulan Desember, menjadi $44,3 miliar, setelah terjadi peningkatan ekspor.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa defisit perdagangan AS mencapai tertinggi empat tahun pada tahun 2016, $502,3 miliar, naik dari $500,4 miliar pada tahun 2015.

Data ini cenderung mengikuti klaim Trump bahwa AS perlu mengambil pendekatan yang lebih keras dalam perdagangan.

Sterling berada di posisi terendah dua minggu, dengan GBP/USD turun 0,85% di 1,2361 setelah debat parlemen tentang hukum memberikan Perdana Menteri Theresa May hak untuk memicu Brexit terus berlanjut hingga hari kedua.

Sementara itu, dolar Australia lebih rendah, dengan AUD/USD jatuh 0,54% ke 0,7624.

Suku bunga Reserve Bank of Australia tetap stabil pada pertemuan pertama kebijakan tahun 2017 pada hari Selasa dan mengatakan sejumlah pertumbuhan lunak terbaru hanya bersifat sementara dan tidak akan mencegah kenaikan yang sehat dari waktu ke waktu.  (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES