PT KONTAK PERKASAEuro jatuh ke level terendah 20 bulan terhadap dolar pada hari Senin sebelum rebound setelah pemilih Italia menolak perubahan konstitusi yang didukung oleh pemerintah, menekan Perdana Menteri Matteo Renzi untuk mundur.

EUR/USD terakhir di 1,0645 setelah jatuh serendah 1,0507 sebelumnya, level terlemah Maret 2015.

EUR/JPY berada di 121,41 setelah jatuh serendah 120,16 sebelumnya, sedangkan EUR/GBP stabil pada 0,8367 setelah jatuh ke 0,8305 sebelumnya, level yang tidak terlihat sejak Juli.

Euro berada di bawah tekanan akibat ketidakpastian politik di Italia meningkat setelah Renzi mengatakan ia akan mundur karena pemilih menolak upaya mereformasi konstitusi.

{{Berita-445544 || Kekhawatiran atas kesehatan keuangan sektor perbankan yang sakit Italia dipasang}} di tengah kekhawatiran bahwa program bailout bank Renzi bisa dibatalkan.

Bank-bank Italia terbebani oleh kredit macet dan mungkin memerlukan bailout besar-besaran dari Bank Sentral Eropa.

Italia terbesar ketiga pemberi pinjaman Monte dei Paschi di Sienas di tengah-tengah operasi kompleks pengeluaran €28 miliar kredit macet dan peningkatan €5 miliar sebagai bagian dari rencana penyelamatan.

Pekan lalu, ECB mengatakan, pihaknya siap melangkah dan juga meningkatkan pembelian obligasi pemerintah Italia yang seharusnya hasil referendum tersebut menaikkan biaya pinjaman.

Dolar sedikit menguat terhadap mata uang lain, dengan harapan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve bulan ini terus mendukung permintaan.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,19% pada 100,93.

Data di hari Jumat menunjukkan bahwa ekonomi AS menambahkan 178.000 pekerjaan pada bulan November dari bulan sebelumnya, dan juga tingkat pengangguran turun ke level terendah sembilan tahun di 4,6%.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa rata-rata penghasilan per jam turun 0,1% dari bulan Oktober, serta tingkat pertumbuhan upah tahunan juga melambat.

Laporan itu menggarisbawahi kasus Fed untuk menaikkan suku bunga AS pada pertemuan yang akan datang di minggu depan, namun data upah yang lemah menaungi prospek kenaikan suku bunga lebih lanjut pada tahun 2017.

Investor saat ini menghargai kesempatan 100% dari kenaikan suku bunga bulan ini, menurut dana federal berjangka terpantau oleh Perangkat Monitor Suku Bunga Fed.

Dolar menguat terhadap yen, dengan USD/JPY naik 0,48% ke 114,07, masih mundur dari level tertinggi 9,5 bulan dari 114,83 disentuh pekan lalu.

Sterling sedikit berubah terhadap dolar, GBP/USD di 1,2724 menjelang data survei aktivitas sektor jasa Inggris Raya hari ini.

Dolar Selandia Baru juga lebih rendah, dengan NZD/USD turun 0,57% di 0,7099 dengan Perdana Menteri negara itu John Key tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya setelah delapan tahun berkuasa. (hnm) – PT KONTAK PERKASA