PT KONTAK PERKASA FUTURESDolar raih keuntungan moderat pada malam Rabu waktu setempat, setelah The Fed umumkan kebijakan yang tetap stabil seperti yang diharapkan, tetapi mengisyaratkan pandangan optimis terhadap perekonomian dan prospek perkiraan yang tetap sebanyak tiga kenaikan suku bunga di tahun ini.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,17% ke 99,70. USD/JPY bergerak ke 113,22, naik 0,37% dan EUR/USD turun 0,23% ke 1,0772. Tapi GBP/USD menguat 0,62% ke 1,2660.

Federal Reserve mempertahankan suku bunganya yang diharapkan secara luas pada Rabu malam waktu setempat, tapi optimis terhadap prospek ekonomi dalam menjaga target suku bunga pinjaman acuan pada 0,5% menjadi 0,75% menyusul kenaikan 25 basis poin di bulan Desember.

“Ukuran dari konsumen dan sentimen usaha telah membaik akhir-akhir ini,” kata komite dalam pernyataan, menggunakan bahasa baru yang sesuai dengan suara-suara di Wall Street menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai presiden.

“Keuntungan pekerjaan masih solid dan tingkat pengangguran tetap berada di dekat level terendah baru-baru ini,” kata pernyataan itu, yang mencerminkan hanya perubahan kecil dari bahasa pada pertemuan Desember tahun lalu.

Serta, perusahaan pemroses upah ADP mengatakan pekerjaan swasta nonpertanian naik 246.000 bulan lalu, melampaui perkiraan peningkatan 165.000. The Institute for Supply Management mengatakan indeks aktivitas manufaktur naik menjadi 56,0 bulan lalu dari pembacaan bulan Desember sebesar 54,5. Itu merupakan level tertinggi November 2014. Para analis telah memperkirakan kenaikan yang lebih kecil menjadi 55,0.

Greenback telah jatuh pada hari Selasa, setelah penasehat perdagangan teras Donald Trump menuduh Jerman mengeksploitasi mata uang eruro, dengan mengatakan mereka menggunakan euro yang “terlalu undervalued” untuk mengeksploitasi AS dan mitra dagangnya. Dalam sambutan terpisah, Presiden Trump mengkritik Jepang dan China, mengatakan mereka mendevaluasi mata uang untuk merugikan AS.

Pernyataan itu menunjukkan bahwa nilai tukar dolar dapat memiliki peranan yang penting dalam agenda ‘Amerika Utama’ Trump. Mata uang tunggal euro menunjukkan sedikit reaksi terhadap laporan sebelumnya yang menunjukkan bahwa pertumbuhan manufaktur Jerman berakselerasi ke laju tertinggi selama tiga tahun pada bulan Januari. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES