PT KONTAK PERKASA FUTURES – Emas melesat di sesi Asia, Kamis, di hari dalam data regional yang ringan dengan investor masih mengolah pandangan kebijakan Fed terbaru dan mengalihkan fokus pada pengumuman kebijakan Bank of Japan di hari Jumat.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas untuk pengiriman Desember naik 0,86% menjadi $1,346.05 per troy ounce.

Perak untuk pengiriman September naik 1,97% ke $20,388 per troy ounce, sementara tembaga berjangka untuk pengiriman September turun 0,05% menjadi $2,191 per pon.

Dalam voting 9-1, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menetapkan kisaran target suku buga acuannya tetap berada di level antara 0,25 dan 0,50% pada hari Rabu dalam pertemuan dua hari di Washington DC. Pada saat yang sama, FOMC hanya sedikit menyarankan kenaikan suku bunga bisa segera terjadi di tahun ini.

“Risiko jangka pendek prospek ekonomi telah berkurang,” kata komite pengatur kebijakan Fed dalam pernyataannya setelah pertemuan dua hari itu.

Semalam, emas hapus sedikit kerugian pada hari Rabu di tengah data ekonomi yang ringan.

Sejak mencapai level tertinggi 28 bulan di awal bulan ini, Emas telah turun hampir 2% karena investor telah masuk ke ekuitas global dalam aksi beli perdagangan. Namun, logam mulia ini naik hingga sekitar 25% sepanjang tahun ini dan pada satu tahun laju kecepatan terkuat dalam satu dekade.

Investor bereaksi terhadap data pabrik dan perumahan yang lemah pada Rabu malam, menjelang keputusan Fed yang dipantau cermat. Pada bulan Juni, new Durable Goods Orders merosot 4,0% di bulan, jatuh jauh di bawah perkiraan konsensus penurunan 1,3%. Pada saat yang sama, pesanan inti turun ringan, jatuh 0,5% dengan barang modal inti mencatat penurunan ke 17 dalam tahun ke tahun selama 18 bulan terakhir. Penurunan tajam yang sedikit diimbangi oleh kinerja yang kuat dari kendaraan, yang melaporkan keuntungan 2,6% pada bulan tersebut.

Juga pada hari Rabu, National Association of Realtors mengatakan indeks Pending Home Sales naik 0,2% bulan lalu, jauh di bawah perkiraan konsensus 1,3%. Pembacaan tersebut tertunduk juga mengikuti penurunan sebesar 3,7% pada bulan Mei. Kerugian terkonsentrasi di wilayah Barat AS, yang melaporkan penurunan 1,8% dalam penjualan dari tingkat yang sama 12 bulan yang lalu. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES