KONTAK PERKASA FUTURESFernandinho sudah tiga kali dikartu merah pada musim ini. Gelandang Manchester City itu mengaku akan belajar dari kesalahan-kesalahannya dan bekerja keras agar kembali ke tim inti.

Fernandinho diganjar tiga kartu merah hanya dalam enam pertandingan pada November-Januari. Kartu merah pertama dia dapat saat City bermain imbang 1-1 dengan Borussia Moenchengladbach di fase grup Liga Champions.

Gelandang asal Brasil itu kemudian dikartu merah lagi ketika timnya dikalahkan Chelsea di Etihad Stadium. Saat itu, dia tak bisa mengontrol emosinya pada menit-menit akhir dan mencekik serta mendorong Cesc Fabregas. Sanksi larangan bermain pada tiga laga pun harus dia jalani.

Tak lama setelah bebas dari hukuman, Fernandinho kembali diusir wasit. Dia diganjar kartu merah langsung pada laga melawan Burnley akibat tekel dua kakinya ke pemain lawan. Karena sebelumnya sudah kena skorsing tiga laga, dia pun mendapatkan hukuman yang lebih berat, yaitu larangan bermain pada empat laga.

Setelah masa hukumannya berakhir, Fernandinho bisa main lagi pada Rabu (1/2/2017) lalu dan menjadi pemain pengganti saat City mengalahkan West Ham United 4-0.

“Orang-orang mengenal saya selama tiga musim saya di sini. Saya sebelumnya tidak pernah seperti ini, jadi mereka mengubah cara untuk menghukum para pemain musim ini,” ujar Fernandinho di Manchester Evening News.

“Itu berarti saya telah absen pada tujuh pertandingan, tapi saya harus menerimanya. Itu berat, tapi ini adalah soal kesiapan ketika saya mendapatkan kesempatan dan West Ham adalah penampilan pertama setelah bebas dari hukuman,” lanjutnya.

Selama Fernandinho absen, manajer Pep Guardiola memasang Yaya Toure di posisi gelandang bertahan yang biasanya ditempati Fernandinho.

“Sekarang saya harus bekerja keras untuk masuk skuat,” tutur Fernandinho.

Ada hikmah di balik hukuman yang harus dijalani Fernandinho, yaitu dia memiliki kesempatan untuk “mengisi ulang baterai” setelah bermain pada banyak pertandingan di paruh pertama musim.

“Ini bukan cara yang saya inginkan!” katanya.

“Saya cuma ingin belajar dari kesalahan-kesalahan ini dan kami siap untuk bulan Februari yang berisi Liga Champions dan beberapa pertandingan bagus,” ujar Fernandinho.

Berkat kemenangan atas West Ham, City tetap menempati posisi kelima di klasemen sementara Premier League dengan 46 poin dari 23 laga. Mereka tertinggal 10 poin dari Chelsea yang berada di puncak, tapi cuma berjarak satu poin dari Tottenham Hotspur yang menghuni posisi kedua. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES