PT KONTAK PERKASA FUTURES – Yen melemah di sesi Asia, Kamis, dengan rilis data pesanan mesin bervariasi sementara itu Kiwi tetap stabil setelah pemangkasan suku bunga acuan.

USD/JPY berpindah ke 105,89, naik 0,21%, dan AUD / USD diperdagangkan pada 0,7646, naik 0,13%.

Di Jepang, pesanan mesin inti untuk September turun 3,3% bulan-ke-bulan dibandingkan dengan penurunan 0,8% terlihat dalam penurunan bulan kedua berturut-turut, dan naik 4,3% tahun-ke-tahun, dibandingkan dengan kenaikan 3,5% yang diharapkan.

Sebelumnya, Reserve Bank of New Zealand memotong tingkat suku bunga resmi 25 basis poin ke 1,75% pada hari Kamis secara luas diharapkan dan mengisyaratkan pelonggaran bias yang sangat sederhana sementara juga mengamati banyaknya ketidakpastian yang mungkin memerlukan tindakan.

NZD/USD diperdagangkan pada 0,7280, naik 0,04%.

Selanjutnya, Australia melaporkan pinjaman rumah bulan September dengan 2,0% penurunan diharapkan pada bulan-bulan dan investasi pembiayaan perumahan dengan keuntungan 0,1% bulan sebelumnya.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 98,66.

Semalam, dolar berbalik melaju naik terhadap mata uang utama lainnya, setelah greenback terus pulih dari penurunan tajam yang tercatat menyusul berita Donald Trump telah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat.

Menyusul berita, anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa Ewald Nowotny mengatakan ECB bersiap mengintervensi pasar dalam keadaan darurat. Jepang juga menegaskan kesiapannya intervensi pasar mata uang pada hari Rabu.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan pada hari Selasa bahwa Tokyo akan perlu merespons pergerakan pasar mata uang jika hasil pemilu AS menyebabkan lonjakan yang tiba-tiba dalam mata uang yen. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES