Gaya Main Spanyol Sulitkan Costa Bikin Gol KontakPerkasa Futures, Dengan melimpahnya gelandang berkualitas, wajar bagi timnas Spanyol mengandalkan tiki-taka sebagai gaya mainnya. Hal ini pula yang membuat Diego Costa sulit bikin gol bersama La Furia Roja.

Sejak debutnya pada Maret 2014, Costa memang belum menunjukkan tajinya bersama Spanyol seperti yang diperlihatkan di level klub. Dari sembilan caps, baru satu gol dibuat Costa dan itu pun ke gawang Luksemburg.

Wajar jika kritik mendera Costa ketika dia tampil untuk Spanyol dan bahkan ada yang meminta Vicente del Bosque selaku pelatih untuk tidak memanggil Costa lagi, dan lebih baik memilih striker lain.

Juan Mata sebagai rekan setim Costa di timnas pun paham dengan kesulitan yang dialami kompatriotnya tersebut. Menurut Mata, apa yang dialami Costa tersebut tak lepas dari gaya main Spanyol itu sendiri.

Berlimpahnya gelandang kelas satu itu mau tak mau membuat Spanyol banyak mengandalkan operan-operan pendek dari kaki ke kaki. Sementara tipe main Costa lebih direct dan suka bola-bola panjang ke kotak penalti.

“Menjadi striker di tim seperti kami ini, dengan banyak pemain tengah, tidak mudah,” ujar Mata kepada Onda Cero seperti dikutip Soccerway.

“Anda harus beradaptasi dan harus bersabar, karena Anda akan sering tidak menyentuh bola. Tapi begitu mendapat bola, Anda harus menuntaskannya jadi gol. Peran yang sangat rumit dan pemain seperti Villa atau Torres melakukannya dengan sangat baik, tapi memang sulit untuk menyatukan diri dan beradaptasi,” sambungnya.

“Masalah yang sangat sulit harus dihadapinya. Saya lebih baik memilikinya di dalam tim ketimbang harus melawannya. Pergerakannya serta gol-golnya selalu menimbulkan masalah. Juga karena dia tak segan bertarung dengan bek tengah dan suka rese di mana itu memecah konsentrasi lawan,” tutupnya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.