PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound tergelincir ke level terendah satu bulan terhadap dolar AS pada Rabu sore, meskipun rilis data Inggris Raya optimis dan investor tetap berhati-hati menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve dini hari nanti.

GBP/USD menyentuh 1,2946 pada awal perdagangan Eropa, terendah sejak 16 Agustus. Pasangan ini kemudian berkonsolidasi pada 1,2976, tergelincir 0,10%.

GU cenderung temukan support di 1,2871, terendah 16 Agustus dan resistance pada 1,3092, tertinggi 19 September.

Pasar mengabaikan laporan Kantor Statistik Nasional Inggris Raya mengatakan bahwa pinjaman bersih sektor publik naik £10.05 miliar pada bulan Agustus, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan sebesar £10.30 miliar.

Pinjaman bersih sektor publik menurun £2,43 miliar pada bulan Juli, angka direvisi dari sebelumnya diperkirakan £ 1,47 miliar drop.

Investor tetap berhati-hati menjelang keputusan kebijakan bulanan Fed, pada Rabu dini hari. Meskipun sebagian besar pedagang mengharapkan bank sentral AS untuk menahan diri dalam menaikkan suku bunga di bulan ini, setiap komentar mengenai langkah kebijakan masa depan Fed akan diawasi dengan ketat.

Pound juga mencapai posisi terendah satu bulan terhadap yen, dengan USD/JPY di 132,15 setelah Bank of Japan sebelumnya menetapkan target untuk meningkatkan basis moneter dan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada minus 0,1%.

BoJ mengadopsi “kontrol kurva imbal hasil” tetap di bawah dan akan membeli obligasi pemerintah jangka panjang untuk menjaga imbal hasil obligasi 10-tahun pada tingkat saat ini sekitar 0%.

Bank sentral Jepang juga mengatakan akan terus membeli obligasi pemerintah jangka panjang dalam laju yang menjamin kepemilikannya meningkat ¥80 triliun per tahun.

Pound stabil terhadap euro, dengan EUR/GBP di 0,8590. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES