PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pound tergelincir lebih rendah terhadap dolar AS pada hari Rabu, setelah data menunjukkan bahwa produksi manufaktur Inggris Raya turun lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli mengurangi optimisme atas kekuatan ekonomi.

GBP/USD menyentuh sesi terendah 1,3378 pada awal perdagangan Eropa. Pasangan ini kemudian berkonsolidasi pada 1,3388, tenggelam 0,36%.

GU cenderung temukan support di 1,3292, Selasa terendah dan resistance pada 1,3446, tertinggi hari Selasa dan puncak satu setengah bulan.

Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan bahwa produksi manufaktur menurun 0,9% pada bulan Juli, lebih buruk dari ekspektasi penurunan 0,4% dan menyusul penurunan 0,2% bulan sebelumnya yang direvisi dari awal penurunan 0,3%.

Pada basis tahunan, produksi manufaktur naik 0,8% pada bulan Juli, lebih buruk dari perkiraan untuk kenaikan 1,7%.

Namun, laporan ini juga menunjukkan bahwa produksi industri naik tipis sebesar 0,1% pada bulan Juli, lebih baik dari perkiraan untuk penurunan 0,2% dan menyusul kenaikan 0,1% pada bulan sebelumnya.

Tahun ke tahun, produksi industri meningkat 2,1% pada bulan Juli, di atas ekspektasi kenaikan 1,9%.

Sementara itu, sentimen greenback tetap rentan setelah Institute of Supply Management mengatakan pada hari Selasa bahwa indeks manajer pembelian non-manufaktur turun ke 51,4 bulan lalu dari 55,5 pada bulan Juli. Para analis telah memperkirakan indeks turun menjadi 55,0.

Data tersebut muncul setelah data ketenagakerjaan AS yang buruk diterbitkan Jumat lalu merusak harapan kenaikan suku bunga mendatang oleh Federal Reserve.

Sterling juga melemah terhadap euro, dengan EUR/GBP naik 0,29% ke 0,8399. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES